Cooling System Pilkada 2024, Sat PJR Ditlantas Polda Riau Patroli di Jalan Tol

Cooling-system-ditlantas-di-jalan-tol.jpg
(Dok. Ditlantas Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satuan Patroli Jalan Raya (Sat PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau terus meningkatkan kegiatan sosialisasi dan edukasi imbauan cooling system Pilkada Riau 2024-2029 guna mewujudkan Pilkada yang aman, tertib dan berkeselamatan.

Cooling system tersebut tidak saja dilaksanakan di kantor Pelayanan Ditlantas Polda Riau, tapi  juga berlangsung di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Pekanbaru-Bangkinang hingga Tol XIII Koto Kampar.

Kasat PJR Dit Lantas Polda Riau Kompol Indra Lukman Prabowo, mengatakan bahwa patroli rutin dan imbauan cooling system Pilkada Riau 2024 merupakan bentuk pelayanan Polri terhadap masyarakat untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas, khususnya di jalan tol.

"Dengan kehadiran Polisi dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat beraktivitas di wilayah hukum Polda Riau," ujar Kompol Indra, Jumat, 27 September 2024.

Kompol Indra mengatakan saat ini Provinsi Riau dalam masa Pilkada Riau 2024 - 2029, sehingga aktivitas kendaraan yang melintas di jalan tol cukup meningkatkan dari hari sebelumnya.

"Guna mewujudkan kamtibmas dan kamseltibcar lantas saat ini patroli rutin kita terus tingkatkan agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat beraktivitas," tambah Kompol Indra.


Saat melintas di jalan Tol Permai maupun Tol Pekbang, akan tampak personel SAT PJR dan Petugas Tol melakukan Patroli secara rutin.

Personel Sat PJR dan petugas tol bekerja sama memberikan pengamanan terhadap kendaraan dan sopir yang berhenti di bahu jalan tol, karena berdampak fatal terhadap diri sendiri maupun pengendara lainnya.

"Saat patroli, baik itu personel kita maupun petugas TOL sendiri menemukan Mobil rusak, maupun yang sengaja berhenti di bahu jalan, kita akan berikan teguran kepada pemilik kendaraan dan memberikan pengamanan sementara di lokasi tersebut," katanya.

"Bilamana kendaraan mengalami kerusakan agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan, selain itu kita juga sampaikan tentang tata tertib berlalu lintas yang benar dan himbauan Cooling System Pilkada Riau 2024 - 2029 agar masyarakat memberikan hak pilih nya saat pemilihan nanti dan tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak benar dan selalu menjaga Kamtibmas,” Imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan Patroli Rutin tersebut diharapkan kepada seluruh masyarakat mempunyai kesadaran tentang tata tertib berlalu lintas di jalan tol dan terwujudnya Kamseltibcarlantas dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di Jalan Tol.

Sat PJR Ditlantas Polda Riau juga menyampaikan imbuan dan sosialisasi terkait Kamseltibcarlantas maupun imbauan Pilkada Riau 2024 -2029 di lokasi rest area yang ada di jalan tol.

"Kami mengimbau agar masyarakat bersama sama menjaga kamtibmas agar tetap kondusif dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum, bila berkendara patuhilah tata tertib dalam berlalu lintas dan ikuti arahan petugas di lapangan, mari kita wujudkan Pilkada Riau 2024-2029 ini dengan aman, tertib dan berkeselamatan," tutupnya.