Lebih Hemat dan Tak Perlu Bayar Pajak Air Tanah, Warga Pilih Langganan PDAM Tirta Siak

Ingot-Ahmad10.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Warga maupun pelaku usaha di Kota Pekanbaru lebih diuntungkan membeli air yang diproduksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak. 

Pasalnya, dengan berlangganan air PDAM bisa membantu mengurangi pengeluaran.

Selama ini, warga atau rumah tempat tinggal yang mengambil air tanah akan dikenakan banyak biaya. Pertama, pajak air bawah tanah dan yang kedua tagihan listrik.

"Selama ini, mengambil air bawah tanah itu kita perlu listrik. Ternyata lebih bagus ambil air dari PDAM, murah harganya," kata Irma, warga kawasan Sukajadi, Kamis 26 September 2024.

Tak hanya itu, biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit jika dibandingkan membeli air kemasan maupun galon. 

"Air galon itu ada harganya sampai belasan ribu untuk satu galon. Kalau air PDAM, itu lebih murah per liternya," ulasnya.

Selain warga, tempat usaha seperti perusahaan maupun restoran juga diuntungkan. Mereka juga lebih hemat dengan berlangganan air Perumdam Tirta Siak dibandingkan mengambil air tanah.



Diketahui, tarif Pajak Air Tanah ditetapkan sebesar 20 persen. Subjek Pajak Air Tanah adalah orang pribadi atau badan yang melakukan pengambilan atau pemanfaatan Air Tanah yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah.

Wajib Pajak Air Tanah adalah orang pribadi atau badan yang melakukan pengambilan atau pemanfaatan Air Tanah.

Pemerintah Kota Pekanbaru pun berencana menaikan Pajak Air Tanah dan memperketat perizinannya. Sehingga, penggunaan air tanah tidak akan dilakukan secara sembarangan.

"Selama ini, Pajak Air Tanah masih rendah karena Pemko ingin mendukung UMKM dan pelaku usaha lainnya,”  jelas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut.

“Akan tetapi, kita akan mulai memperketat perizinan dan naikkan pajaknya. Bukan hanya di Pekanbaru, hampir semua kota juga akan melakukan kebijakan ini," imbuhnya.

Dirinya mengajak warga Kota Pekanbaru berlangganan penyediaan air minum dari Perumdam Tirta Siak. Menurutnya, warga Kota Pekanbaru tidak perlu ragu lagi akan kualitas air minum dari Perumdam Tirta Siak.

"Air minum Perumdam Tirta Siak adalah air bersih yang dapat kita bandingkan sendiri dari segi ekonomi. Berapa pengeluaran berlangganan Perumdam Tirta Siak per bulan dengan kita beli air galon per bulan," ujarnya, 

Lebih jahat Ingot menjelaskan, dengan berlangganan air Perumdam, warga juga bisa menjadi kelestarian air tanah dengan tidak menggunakannya secara berlebihan. Apalagi, bagi pelaku UMKM dan usaha besar.

Pekanbaru dituntut untuk bisa menyediakan fasilitas air yang layak dikonsumsi masyarakat. Karena saat ini sumber air tanah sudah tidak layak lagi dikonsumsi. 

"Maka, pemenuhan fasilitas air bersih perpipaan ini sudah sangat mendesak dan relevan,” kata Ingot.

“Itulah pertimbangan kami melaksanakan program Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang sedang berjalan saat ini," pungkasnya.