3 Kebakaran Gedung Kantor Pemko Pekanbaru Selama 2 Tahun Terakhir

Gedung-Lipat-Kajang-terbakar2.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran melanda gedung di komplek perkantoran Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam rentang waktu dua tahun terakhir. Tiga perkantoran dilahap si jago merah sejak Maret 2023 hingga September 2024.

Kebakaran hebat menghanguskan Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru pada Minggu 5 Maret 2023 silam. Peristiwa tersebut membuat pemerintah kota mengalami banyak kerugian.

Mayoritas alat elektronik dan dokumen berharga di gedung layanan tersebut tidak bisa diselamatkan. Kondisi itu karena gedung MPP terbakar saat hari libur.

Kebakaran terjadi begitu cepat sehingga sebagian besar gedung habis terbakar. Apalagi banyak furniture dan partisi dalam gedung perkantoran serta layanan tersebut berbahan kayu. 

Ada banyak arsip pemerintah kota yang ikut terbakar dalam kebakaran di MPP Pekanbaru. Di dalam gedung MPP tidak hanya untuk layanan dan perkantoran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru.

Namun juga ada ruang kantor bagi Wali Kota Pekanbaru. Ada juga untuk Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru bersama asisten I, asisten II dan asisten III.

Peristiwa kebakaran hanya menyisakan kerangka gedung MPP. Mirisnya kebakaran terjadi satu hari jelang HUT ke-4 MPP Pekanbaru yang bakal diperingati esoknya, Senin 6 Maret 2023.



Kerangka gedung MPP pun sudah diratakan dengan tanah. Hingga kini belum ada tanda-tanda pembangunan kembali di bekas kebakaran itu.

Tidak hanya perkantoran di pusat kota, kebakaran juga terjadi di komplek gedung perkantoran Tenayan Raya, Jalan Badak.

Pada Rabu 16 Agustus 2023 silam, kebakaran terjadi di Gedung Lontiok saat malam hari. Api melahap ruangan Kepala Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang berada di lantai 2.

Pemadaman api sempat terkendala karena bagian yang terbakar berada dalam ruangan di lantai 2 di Gedung B3, Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Di Gedung Lontiok tersebut, lantai 1 dan 2 merupakan ruang BPKAD, lantai 3 ada ruang Inspektorat, lantai 4 Dinas Pertahanan dan Badan Pengembangan dan Penelitian dan lantai 5 Badan Pengembangan dan Penelitian.

Gedung perkantoran yang berada di Jalan Badak tersebut telah diisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sejak beberapa tahun silam. Mereka secara berangsur pindah ke gedung baru tersebut.

Peristiwa kebakaran terbaru pada Jumat 20 September 2024, siang. Api melahap Gedung Lipat Kajang dari bagian atas hingga menuju ke beberapa lantai di bawahnya.

Terdapat sejumlah kantor pada Gedung B9 berlantai 5 tersebut. Ada Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Sejumlah barang sisa kebakaran tampak hangus, kaca jendela pecah dan masih tercium aroma sisa kebakaran. Debu menyeruak hingga ke luar gedung.

Meski tidak ada korban jiwa dalam tiga peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian materil dipastikan cukup besar. Pihak berwajib masih menelusuri penyebab dan sumber kebakaran.