Masuki Masa Habis Pakai, Banyak Lampu Jalan di Pekanbaru Padam

Lampu-PJU2.jpg
(newhondaserpong.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru gelap gulita lantaran lampu penerangan jalan umum (PJU) padam. Banyak lampu PJU yang tidak berfungsi di Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan SM Amin hingga Jalan HR Soebrantas.

Masyarakat pun mesti berhati-hati saat melintas di titik yang terdapat lampu PJU padam. Apalagi Kota Pekanbaru masih rawan kriminalitas pada malam hingga dini hari.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso pun angkat bicara soal banyaknya lampu PJU yang padam pada malam hari di ruas jalanan kota. 

Ada ribuan lampu PJU yang segera padam di ruas jalanan kota karena sudah habis masa pakainya. Total ada 3.068 titik lampu PJU yang sudah lewat masa waktunya.

Lampu tersebut merupakan lampu hemat energi atau LHE. Tim di lapangan secara bertahap sudah melakukan pergantian terhadap lampu yang bakal padam itu.


"Kita lakukan peremajaan sesuai dengan kondisi yang ada. Kita gunakan stok LHE yang ada," kata Yuliarso, Kamis 19 September 2024.

Dirinya mengatakan, lampu PJU yang padam ternyata akibat usianya sudah lewat masa pakai. Lampu tersebut akhirnya padam sehingga tidak dapat berfungsi lagi.

"Jadi lampu itu sudah lewat batas waktu, makanya padam dengan sendirinya," jelasnya.

Tim di lapangan langsung menindaklanjutinya dengan melakukan penggantian terhadap lampu PJU yang sudah padam. Mereka melakukan penggantian lampu PJU yang segera padam secara bertahap.

"Kami melakukan penggantian terhadap lampu yang melewati batas lifetime-nya secara bertahap," tutupnya.