IDM Riau Peringkat 3 Nasional, Pj Gubri: Tak Ada Desa Kategori Sangat Tertinggal

Pj-Gubri-Rahman-Hadi5.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berhasil meraih skor Indeks Desa Membangun (IDM) di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dengan peringkat ketiga tertinggi secara nasional. 

Menanggapi hal itu, Pj Gubernur Riau, Rahman Hadi mengatakan hal ini merupakan sebuah peningkatan dan perkembangan Provinsi Riau yang patut disyukuri dan diapresiasi.

"Dari 853 desa mandiri yang ada di Provinsi Riau, yang masuk kategori maju ada 523 desa, dan yang berkembang tinggal 215 desa. Artinya, tidak ada desa dengan kategori sangat tertinggal atau tertinggal," jelasnya.

Menurutnya, IDM Provinsi Riau meningkat jauh dibandingkan tahun 2022, dimana Provinsi Riau berada di posisi 17 dan pada tahun 2023, berada di posisi 7 di IDM secara nasional.


"IDM Riau meningkat menjadi peringkat 3 secara nasional dibawah Bali dan DIY Yogyakarta," jelasnya.

Di samping itu, Rahman mengatakan permasalahan yang dihadapi oleh pemerintahan desa saat ini sangat kompleks. Besarnya anggaran yang dialokasikan kepada desa menjadi permasalahan tersendiri bagi penyelenggara Pemerintahan Desa.

Sementara itu, kemampuan adaptasi serta motivasi penyelenggaran Pemerintah Desa untuk terus mengikuti perubahan aturan dan perkembangan kemajuan teknologi informasi terkesan berjalan di tempat.

"Pemerintah tentunya mengambil langkah-langkah strategis, salah satunya dengan terus meningkatkan kapasitas penyelenggara pemerintahan desa dalam menghadapi tantangan, permasalahan dan perubahan dimaksud untuk kemajuan desa demi kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.