KPU Riau Terima Perbaikan Berkas 3 Bapaslon Pilgubri

Anggota-KPU-Riau-Nahrawi.jpg
(KPU Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau sedang memproses berkas-berkas pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2024. 

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Riau, Nahrawi mengatakan saat ini tahapannya adalah proses perbaikan berkas para Bapaslon. KPU Riau sudah menerima berkas-berkas yang harus diperbaiki dari ketiganya.

"KPU sekarang sudah menerima perbaikan berkas dari masing-masing Bapaslon. Saat ini kembali kita lakukan penelitian administrasi, jadwalnya hingga 14 September 2024," ujarnya.

Menurutnya, adapun jadwal pemeriksaan berkas pendaftaran Bapaslon Pilgubri setelahnya adalah proses penerimaan tanggapan dan masukan dari masyarakat.


"Pada 15-18 September dijadwalkan proses tanggapan atau masukan dari masyarakat terhadap persyaratan Bapaslon. Nantinya, pada tanggal 15-21 September tanggapan dan masukan itu akan diverifikasi," jelasnya.

Kemudian, tanggal 22 September 2024 akan ditetapkan bapaslon menjadi Paslon. Lalu pada tanggal 23 September 2024 akan dilakukan pengumuman dan pengundian nomor urut paslon dalam Pilkada 2024.

Adapun berkas-berkas pendaftaran yang sudah sedang diverifikasi oleh KPU diantaranya seperti surat pengunduran diri dari ASN maupun anggota DPRD hingga berkas LHKPN. Ada juga surat keterangan layak dan sehat serta bebas Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif (Napza).

"Perlu saya jelaskan bahwa LHKPN itu adalah bukti pelaporannya, bukan terkait dengan harta yang dilaporkan," pungkasnya.