KPU Riau Mulai Proses Produksi Logistik Pilkada 2024

Kantor-KPU-Riau.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - KPU Provinsi Riau telah memulai proses produksi logistik untuk kebutuhan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. 

Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, produksi logistik terbagi dalam dua tahapan. Tahap pertama adalah pembuatan kotak suara, bilik, persiapan TPS dan perlengkapan menjelang pemungutan suara lainnya.

"Logistik tahap kedua adalah penyediaan surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati dan walikota dan wakil wali kota se-Provinsi Riau. Kemudian peralatan bantu bagi pemilih tunanetra," ujarnya.


Ia menjelaskan, KPU juga mulai memetakan TPS yang berlokasi di wilayah rawan banjir dan sulit dijangkau. Hal ini dilakukan agar distribusi logistik Pilkada dapat tersampaikan pada jadwal yang tepat.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan, produksi dan pengiriman logistik pemilihan ke tempat penyimpanan atau gudang KPU Kabupaten/Kota akan dilakukan dan harus selesai pada 4 September - 5 Oktober 2024. Sedangkan logistik tahap kedua dijadwalkan 1 Oktober - 1 November 2024.

"Proses sortir, pemenuhan kekurangan, lipat, pengesetan, pengepakan, dan distribusi ke TPS (H-1) oleh KPU Kabupaten/Kota untuk logistik pemilihan tahap I dan tahap II dijadwalkan tanggal 1-26 November 2024," pungkasnya.