Kios Liar di Sekitar Pasar Bawah Pekanbaru Dibongkar

kios-liar-di-pasar-bawah-dibongkar.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satu per satu kios semi permanen dari kayu dan kerangka besi ambruk saat dibongkar dengan ekskavator, Selasa 10 September 2024.

Pembongkaran kios liar di sekitar Pasar Wisata Pasar Bawah, Pekanbaru, dilakukan oleh personel gabungan. Kios ini kebanyakan berada di Jalan Muhammad Yatim. Ada juga yang berdiri di atas trotoar.

Proses pembongkaran akhirnya dilakukan personel gabungan lantaran penghuni kios tidak mengindahkan surat peringatan petugas. Mereka mestinya bisa membongkar sendiri kios yang ada.

"Kami melakukan penataan kawasan Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru, dalam hal ini kami melakukan penertiban lapak-lapak dan kios yang berdiri di badan jalan," kata Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian.



Ia menyampaikan, imbauan sudah beberapa kali disampaikan sejak beberapa waktu lalu. Mereka juga sudah memberi surat peringatan kepada pemilik kios.

"Namun masih ada beberapa lapak, kios dan warung yang beraktivitas," kata Zulfahmi.

Keberadaan kios liar ini melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Pekanbaru No. 13 Tahun 2021 tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat.

Sebanyak 175 personel gabungan ikut dalam pembongkaran di antaranya Satpol PP Kota Pekanbaru, Disperindag Kota Pekanbaru, Dishub Pekanbaru serta Polresta Pekanbaru.