Warga Senang Jalan Ahmad Yani Kembali Mulus Pasca Perbaikan Pipa Oleh Tirta Siak

Warga-Senang-Jalan-Ahmad-Yani-Kembali-Mulus-Pasca-Perbaikan-Pipa-Oleh-Tirta-Siak.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Warga Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru mengapresiasi kerja Perumda Tirta Siak dalam perbaikan pipa rusak beberapa waktu lalu. Tidak hanya itu, perbaikan Jalan Ahmad Yani yang sempat viral juga diaspal ulang dengan segera.

"Saya merasa bersyukur dan berterima kasih ya, akhirnya perbaikan pipa selesai. Selain itu jalan juga sudah diaspal kembali," kata Firdaus, warga yang tinggal di Jalan Pangeran Hidayat.

Dirinya mengaku sering melewati Jalan Ahmad Yani untuk mengantar anak sekolah. Firdaus pun menilai Tirta Siak Pekanbaru bergerak cepat dan bertanggung jawab memperbaiki ruas jalan.

"Bersyukur akhirnya jalan cepat diperbaiki, kemarin karena ada galian kan cukup berbahaya. Ini baru kerja beres dan bertanggung jawab," ujarnya.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Siak Agung Anugrah menyampaikan bahwa pengaspalan dilakukan untuk memastikan jalan kembali layak dan nyaman bagi pengguna.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi selama proses perbaikan, serta berterima kasih kepada masyarakat atas kesabaran dan pengertiannya," paparnya.


Ia menyebut, Tirta Siak Pekanbaru terus berusaha berbenah untuk menghadirkan pelayanan terbaik bagi kebutuhan air sehat serta infrastruktur yang mendukung kenyamanan bersama.

Ardiyan Senior Officer Konstruksi dan Bisnis PT. PP Tirta Madani menyebut, pengaspalan jalan tuntas pada, Kamis 5 September 2025, dini hari. Mereka melakukan konsolidasi bersama dengan Dinas PUPR Provinsi Riau terkait rekondisi Jalan Ahmad Yani.

"Kita telah berkoordinasi dengan pihak Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau. Jadi kami membantu untuk pengembalian kondisi jalan dengan pengaspalan kembali. Alhamdulillah sudah selesai dini hari ini," katanya, Kamis kemarin.

Perbaikan Jalan Ahmad Yani yang sebelumnya terdampak proses perbaikan pipa jaringan distribusi layanan (JDL) dilakukan secara bertahap. Awalnya, Perumda Air Minum (PDAM) Tirta Siak melakukan penutupan lubang galian pipa dengan cara ditimbun menggunakan pasir dan kerikil.

Aktivitas penggantian pipa-pipa lama Tirta Siak menjadi pipa baru berstandar food grade dilaksanakan PT PP Tirta Madani sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) dalam sistem Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Kota Pekanbaru.

Digantinya pipa-pipa tersebut lantaran ada kebocoran cukup parah dari pipa lama yang berusia lebih dari 50 tahun. Kondisi tersebut berdampak pada pelanggan yang berada pada area JDL Jalan Ahmad Yani karena tidak mendapatkan suplai air selama sepekan.

Warga setempat sebelumnya juga memberikan laporan kepada pihak Tirta Siak karena suplai air terganggu. Selain itu, air juga semakin menggenang ke jalan akibat pipa yang sudah retak berada di dalam tanah sehingga berisiko terhadap kondisi badan jalan.