Perhutanan Sosial di Riau Capai 260 Ribu Ha, Target 1,3 Juta Ha

Ilustrasi-Hutan.jpg
(jambitourism.co.id via Republika)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mencapai target perhutanan sosial seluas 260 ribu hektare (ha) di tahun 2024. Namun, jumlah ini baru mencapai 20 persen dari seluruh target yang ditetapkan, yakni 1,3 juta ha.

"Kita sudah mencapai 20 persen perhutanan sosial dari target 1,3 juta ha. Kami pemprov Riau akan membantu untuk melakukan pengurusan izin agar capaian perhutanan sosial di Riau dapat terus meningkat," ujar Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan.

Job mengatakan, Pemprov Riau juga melakukan kerjasama dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Non-Governmental Organization (NGO) lainnya untuk menyukseskan program-program perhutanan.



Ia menjelaskan, untuk mencapai target perhutanan sosial itu, perlu sosialisasi dari semua pihak. Maka dari itu, masyarakat pun harus dilibatkan.

"Karena dengan adanya program PS ini, masyarakat tidak hanya akan menjaga hutan saja. Tapi masyarakat akan punya sumber ekonomi yang bisa didapat," pungkasnya.