763 Ahli Waris di Pekanbaru Sudah Terima Santunan Kematian

Ilustrasi-Uang.jpg
(Getty Images/iStockphoto/melimey via detikcom)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para ahli waris di Kota Pekanbaru yang kehilangan anggota keluarga masih menerima santunan kematian. Mereka yang menerima santunan kematian ini berasal dari keluarga tidak mampu.

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru mencatat hingga awal September 2024, penyaluran santunan kematian cukup signifikan. Dinsos telah menyalurkan santunan kepada 763 orang yang tersebar di 15 kecamatan.

"Realisasi santunan kematian tahun ini luar biasa, sudah mencapai 763 orang. Ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," kata Kepala Dinsos Pekanbaru, Idrus.

Jumlah penerima santunan kemarin diperkirakan bisa mendekati angka 1.000 orang. Padahal, penyaluran santunan kematian baru mencapai bulan September.


"Untuk tahun depan, kami memastikan bahwa anggaran santunan kematian telah disiapkan," jelas Idrus.

Ia menjelaskan, alokasi bantuan ini masuk ke dalam Belanja Tidak Terduga (BTT) yang dianggarkan melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Dinsos hanya melakukan penganggaran dan verifikasi. Untuk tahun depan, mereka tetap menganggarkan jumlah santunan kematian di angka 1.000 orang. Hal tersebut berdasarkan rata-rata angka kematian di Pekanbaru sekitar 1.600 orang per tahun.

"Prioritas diberikan kepada warga kurang mampu. Kami prediksi jumlah penerima tidak akan melebihi 1.000 orang. Sehingga, anggaran sebesar Rp1 miliar masih cukup memadai," paparnya.