TNI-Polri Bergandengan Amankan Pilkada Serentak, Siap Tindak Pengacau

Kapolda-Riau-simulasi-Pilkada-2024.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polda Riau, TNI dan Forkopimda Riau/Kota, bersama-sama bergandengan tangan menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Hal itu disampaikan Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, usai Simulasi Simpamko Pilkada 2024 di Jalan Gajahmada Pekanbaru.

"Kepada siapa yang ingin macam-macam untuk mengacaukan pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Riau ini, saya (Moh Iqbal-red) bersama TNI (AD, AU dan AL) akan menindak dengan setegas-tegasnya," kata Iqbal, Senin, 26 Agustus 2024.

Irjen Iqbal menegaskan Polda Riau akan menindak tegas oknum yang bermain akan netralitas Pilkada 2024 nanti.

"Sekaligus saya ingatkan kepada oknum yang bermain-main dengan netralitas Pilkada, akan kami tindak tegas sesuai mekanisme berlaku," tambahnya.



Iqbal mengatakan pihaknya melakukan simulasi ini untuk memantapkan kembali sistem keamanan jelang Pilkada, serta mengelola situasi kontijensi mulai dari tahap normal, hingga berbahaya. Hal ini dilakukan demi mewujudkan Pilkada berjalan aman dan lancar.

"Banyak hal yang harus dikuatkan secara teknis juga strategis menurut Kapolri. Tahapan itu penting agar terhindar dari penyalahgunaan wewenang, kekuatan maupun kesalahan prosedur," jelasnya.

Simulasi kali ini dilakukan dengan skenario terburuk yang dapat terjadi menjelang pesta demokrasi. 

Simpatisan anarkis, aksi pengeboman hingga aksi rusuh para demonstran terjadi dalam simulasi ini. Dengan begitu, diharapkan tiap unit dapat memahami tugasnya dalam situasi buruk yang mungkin terjadi.

"Kalian semua tampil bagus, terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama. Mari sukseskan Pilkada serentak ini agar berjalan Damai dan lancar," pungkasnya.