Hari Juang Polri, Kapolda Riau: Beri Pengabdian Terbaik untuk Bangsa

Kapolda-pimpin-upacara-juang-polri.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, memimpin upacara peringatan Hari Juang Polri di halaman upacara Mapolda Riau, Rabu, 21 Agustus 2024.

Hari Juang Polri tahun 2024 ini mengangkat tema 'Dengan Semangat Hari Juang Polri yang Presisi Siap Mengabdi Demi Terwujudnya Indonesia Emas 2045'.

"Proklamasi polisi, untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini mengatakan polisi sebagai Polisi Republik Indonesia. Surabaya, 21 Agustus 1945. Atas nama seluruh warga polisi, Moehamad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I," kata Irjen M Iqbal membacakan naskah.

Hari Juang Polisi merupakan momentum penting pemicu semangat polisi untuk melucuti senjata Jepang dan melakukan perlawanan terhadap sekutu.

Hari Juang Polri ditetapkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam peraturan Kapolri Nomor 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri tanggal 22 Januari 2024 dan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VII/2024 dan diperingati setiap 21 Agustus.


Irjen Iqbal mengatakan Hari Juang Polisi merupakan momentum penting pemicu semangat polisi untuk melucuti senjata Jepang dan melakukan perlawanan terhadap sekutu.

"Peristiwa ini berpengaruh kepada perjuangan daerah di Aceh, Sumut, Sumbar, Sulawesi, Jambi, Palembang, Jakarta, Jawa Barat, dan Yogyakarta," ujar Irjen Iqbal.

Jenderal bintang dua itu juga meminta jajaran untuk merenungkan perjuangan para pejuang di Tahun 1945 di Surabaya.

"Sudah 79 tahun berlalu, sekarang kemerdekaan sudah dinikmati dengan segala keindahan dan kemewahan. Yang perlu dipetik dalam peringatan ini, untuk menggugah semangat dalam memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa," pesan Akpol 1991 itu.

Mantan Kadiv Humas Polri itu mengingatkan bagaimana pengorbanan pejuang meraih kemerdekaan dan mengajak untuk merenungkan itu semua. 

"Ini momentum strategis dan ini pertama kali dilaksanakan hari juang Polri, kita siap mengabdi demi terwujudnya Indonesia Emas 2045," pungkasnya.