Profil Rahman Hadi, Resmi Jabat Pj Gubernur Riau

Rahman-Hadi-dilantik-jadi-PJ-Gubri.jpg
(Tangkapan Layar/YouTube Kemendagri RI)

RIAU ONLINE - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Rahman Hadi sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Riau, Kamis, 15 Agustus 2024.

Sekjen DPD RI itu resmi menggantikan SF Hariyanto yang kini kembali menjabat Sekretariat Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau.

Sesuai dengan SK Presiden RI Nomor 88/P Tahun 2024, Rahman Hadi telah resmi menjabat Pj Gubernur Riau sejak hari pelantikan dengan masa jabatan paling lama hingga satu tahun ke depan.

"Pada hari ini saya Mendagri atas nama Presiden RI Joko Widodo, resmi melantik Pj Gubernur Riau berdasarkan keputusan RI. Insya Allah melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," ujar Mendagri, Tito Karnavian.

Rahman Hadi menjabat Sekjen DPD RI sejak 14 Desember 2020 hingga kemudian ditunjuk sebagai Pj Gubernur Riau.

Pria kelahiran Desa Cuko Nau, Oku Selatan, Sumatera Selatan, pada 1969 ini merupakan anak kesembilan dari 11 bersaudara.



Rahman menyelesaikan pendidikan SD hingga SMA di Lampung, setelah keluarganya berimigrasi ke provinsi tersebut.

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, Rahman Hadi mengikuti Penelusuran Minat dan Kemampuan, kemudian diterima di Fakultas Ilmu Perguruan Matematika Universitas Lampung (UNILA)

Di saat bersamaan, Rahman Hadi ternyata juga diterima diAkademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) yang kini menjadi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Rahman Hadi pun memilih melanjutkan studinya di Bandung.

Rahman Hadi yang lulus APDN nasional bahkan sempat mengikuti seleksi wajib militer (wamil) yang menjadi program wajib di masa Orde Baru. Ia mengabdi di Angkatan Darat, sebagaimana dilansir dari jaringan RIAU ONLINE, Suara.com.

Rahman Hadi kemudian ditugaskan di Korem 071 Purwokerto setelah enam bulan wamil. Ia lantas menjabat Danramil di Kodim 0710 Pekalongan.

Ia kemudian tertarik untuk terjun ke legislatif dan berkecimpung sebagai anggota DPD RI sejak 2008, hingga didapuk sebagai sekjen.

Sebelum terpilih untuk menggantikan SF Hariyanto menjabat Pj Gubernur Riau, Rahman Hadi bersaing dengan dua nama lainnya. Keduanya Zakaria Ali yang menjabat sebagai Dirjen Bina Kewilayahan Kemendagri dan La Ode Ahmad P Bolombo yang merupakan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.