Hujan Mulai Mengguyur, Kualitas Udara Kota Pekanbaru Level Sedang

Ilustrasi-hujan7.jpg
(ANTARA/Aloysius Lewokeda)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan mengguyur wilayah Kota Pekanbaru, Minggu 4 Agustus 2024, sejak pagi. Hujan mengguyur setelah beberapa pekan Kota Pekanbaru dilanda cuaca panas.

Kualitas udara di Kota Pekanbaru saat ini berada di level sedang. Indeks kualitas udara (AQI) dan polusi udara PM2.5, dengan 59 AQI US tingkat polusi udara sedang.

Berdasarkan data dari iqair.com hingga siang ini, konsentrasi PM2.5 di Kota Pekanbaru 2.5 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. Sementara, suhu 28 derajat celcius dengan kelembaban 74 persen dan cuaca berawan.

BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru juga memperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kampar, Siak, dan Kota Dumai.



Kemudian pada siang hingga sore hari, cuaca cerah berawan. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kep Meranti, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

Malam harinya, cuaca cerah berawan. Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak dan Kabupaten Indragiri Hilir.

BMKG memberikan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Bengkalis, Kuantan Singingi, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru pada pagi, siang atau sore hari.

Prakiraan gelombang laut, tinggi gelombang di wilayah perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter kategori rendah.