50 Pengacara jadi Tim Advokat AMAn, Siap Proses Hukum Pelaku Fitnah dan Penyebar Hoaks

Tim-advokat-aman2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 50 advokat siap mendukung bakal calon Agung-Markarius dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Pekanbaru pada November 2024 mendatang, terkhusus membantu dalam persoalan hukum.

Puluhan pengacara ini tergabung dalam Tim Advokat AMAN Pekanbaru. Para advokat ini menyatakan kesiapannya untuk menciptakan suasana pemilihan yang aman, damai serta berjalan dengan lancar.

Ketua Tim Advokat AMAN Pekanbaru Syahrul mengungkapkan hal itu pada saat konsolidasi bersama kedua bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Agung Nugroho-Markarius Anwar yang hadir dalam agenda itu, Sabtu, 3 Agustus 2024.

"Kita dengan jumlah kekuatan 50 advokat yang siap dengan pasangan AMAN Pekanbaru, yang bersumber dari seluruh organisasi advokat yang ada di Provinsi Riau terkhusus di Kota Pekanbaru ini, kami bekerja dengan sukarela, semangat yang tinggi untuk memajukan Kota Pekanbaru," kata Syahrul.

'Merapatnya' puluhan advokat ini ke bakal pasangan yang diusung Partai Demokrat dan PKS ini semata-mata ingin berkolaborasi dalam membangun Kota Pekanbaru, mereka mempercayakan amanah kepemimpinan kepada Agung-Markarius itu.

"Kita dari tim advokat ini akan mengawal pasangan ini dari mulai pencalonan hingga terpilih dan bersama-sama kedepannya membangun Pekanbaru," ujarnya.



Tim Advokat ini bertugas akan mengawal 'pergerakan' isu-isu negatif yang menyerang bakal pasangan calon AMAN. Baik isu ranah pribadi maupun politik yang mengarah ke pidana atau hukum yang berlaku.

Bahkan, dengan kekuatan yang ada, tim ini tak segan-segan memproses hukum jika ada temuan isu berbau pidana, baik itu isu yang bekembang di sosial media maupun isu dari lingkungan.

"Kita tidak ingin ada serang-serangan negatif kepada pasangan ini, kita bekerja sesuai rol yang masing-masing. Tim advokasi akan mengawal dari tiap-tiap kecamatan," paparnya.

"Dan nanti apabila mana kita temukan hal-hal yang mengganjal, sekira menurut kami tidak sesuai atau ada hal-hal anarkis akan kita proses," tambahnya.

Sementara itu, bakal calon Wali Kota Pekanbaru Agung Nugroho merasa bersyukur dengan adanya dukungan dari para advokat, sehingga tidak takut lagi dengan adanya serangan-serangan negatif yang mengarah kepada dirinya maupun pasangannya itu.

"Tentu ini untuk mengantisipasi serangan baik itu fitnah, berita hoaks dan segala macam yang tidak sesuai dengan aturan," tegas Agung.

Dengan begitu, pasangan AMAN ini tak mengkhawatirkan lagi terhadap ancaman isu sebab sudah memiliki tim yang siap memproses pidananya. Agung menyerahkan segala urusan serangan isu kepada tim ini.

"Jadi kalau ada yang mau menyerang pasangan AMAN tentu akan diproses oleh para advokat ini. Kita berharap ini membuat mereka yang memiliki niat buruk tidak berbuat," ucap Agung.