Overlay Jalan Rajawali yang Rusak Masuk Tahap Pengaspalan

Perbaikan-jalan-Purwodadi.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perbaikan jalan di Kota Pekanbaru masih terus berlanjut secara bertahap. Saat ini pengerjaan overlay atau pengaspalan ulang di Jalan Rajawali telah memasuki tahap pengaspalan.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah menyampaikan, pengaspalan dilakukan setelah melewati proses pemerataan dan pemadatan jalan dengan kerikil dan pasir.

"Setelah pemadatan pondasi jalan, kami dengan pelapisan prime coat. Hal ini guna memastikan aspal dapat melekat dengan baik dan berkualitas," jelasnya, Rabu 24 Juli 2024.

Ia menjelaskan, pelapisan prime coat merupakan langkah penting dalam proses ini. Tujuannya agar permukaan jalan siap untuk pengaspalan akhir.

"Proses prime coat ini akan memberikan daya tahan dan kualitas jalan yang optimal," kata Edward.



Dirinya berharap perbaikan bisa meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan, serta memperlancar arus lalu lintas di kawasan tersebut. Warga pun diimbau untuk berpartisipasi dalam menjaga kondisi jalan setelah selesai diperbaiki.

Dalam upaya perbaikan jalan rusak, pemerintah kota juga meminta bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Riau. Hal tersebut diakui Pj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa.

"Saya minta sama pak gubernur, kalau bisa ditambah. Pak gubernur bilang di paripurna dan pak gubernur sampaikan secara resmi. Kami lakukan upaya, komunikasi sama gubernur, pusat dan DPRD dapil Pekanbaru," kata Rusnandar, Selasa 23 Juli 2024.

Risnandar mengaku butuh sinergi bersama antara Pemko Pekanbaru dan Pemprov Riau. Khususnya terkait pembangunan di Kota Bertuah.

"Kita butuh sinergi, maka saya sama pak sekda menghadap pak gubernur untuk minta bantuan. Alhamdulillah ada dapat untuk perbaikan jalan," lanjut Risnandar.

Permintaan bantuan disebut Risnandar perlu dilakukan. Sebab, anggaran yang ada di Pemko Pekanbaru saat ini terbatas dan tidak cukup untuk menangani seluruh persoalan yang ada.

Jalan rusak di Kota Pekanbaru panjangnya mencapai 460,485 kilometer. Sedangkan panjang jalan yang berstatus jalan ibu kota ini mencapai 1.277 kilometer yang menyebar di 15 kecamatan yang ada di Pekanbaru.