Sumatera Dikepung 393 Titik Panas, Riau Sumbang 68 Titik

hotspot-di-Riau-Selasa-23-Juli-2024.jpg
(Stamet Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sumatera dan Provinsi Riau kembali dikepung titik panas pada Selasa, 23 Juli 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat, sebanyak 393 titik panas mengepung wilayah Sumatera. Hal ini dibenarkan oleh Prakirawan BMKG Pekanbaru, Bella R. Adelia yang menyampaikan, terdapat titik panas di 10 provinsi di Sumatera.

Titik panas terbanyak berada di Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah 111 titik, disusul dengan Sumatera Selatan 87 titik, Riau 68 titik, Lampung 37 titik, dan Bangka Belitung 25 titik.

Kemudian, posisi keenam ada Aceh sebanyak 21 titik, dilanjutkan dengan Bengkulu dan Jambi masing-masing 12 titik, Sumatera Barat 10 titik dan Provinsi Kepulauan Riau 1 titik.



Sementara itu, 68 titik panas di Riau tersebar di 9 kabupaten/kota. Terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 38 titik panas dan disusul Kepulauan Meranti 16 titik.

Kemudian, Kabupaten Kuantan Singingi terdapat 3 titik panas, sedangkan Bengkalis, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Pelalawan dan Kota Dumai masing-masing 2 titik. 

Kabupaten Kampar juga menyumbang 1 titik panas di Provinsi Riau.

BMKG juga memberikan peringatan dini Udara Kabur–Berawan, serta hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sebagian Wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan Bengkalis pada dini hari nanti.

Prakiraan tinggi gelombang di Wilayah Perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (Rendah). Waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1,5 meter di wilayah perairan Timur Bintan dan Timur Lingga.