Pemko Pekanbaru Klaim Inflasi Terkendali, Harga Bahan Pokok Mulai Stabil

Ilustrasi-inflasi5.jpg
(unsplash.com via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru diminta Menteri Dalam Negeri untuk menjaga angka inflasi. Berbagai upaya dilakukan agar inflasi di daerah bisa terkendali. 

"Kami sudah melakukan upaya-upaya untuk menjaga angka inflasi. Kami berharap agar angka inflasi ini tidak merangkak naik," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat 19 Juli 2024.

Ia menyampaikan, angka inflasi Pekanbaru masih terkendali saat ini. Harga bahan pangan dan bahan pokok juga sudah berangsur turun setelah sempat naik beberapa waktu lalu. 

"Angka inflasi Pekanbaru masih di bawah nasional. Meski begitu, kami tetap ambil langkah antisipasi," jelasnya.

Angka inflasi Kota Pekanbaru naik sebesar 0,01 persen pada bulan Juni 2024. Satu di antara faktor yang mempengaruhi naiknya angka inflasi naik adalah harga cabai dan beras.



Angka inflasi di Kota Pekanbaru pada Juni 2024 mengalami kenaikan 0,01 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Pemko Pekanbaru pun berupaya menjaga angka inflasi daerah agar tidak merangkak naik.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, angka inflasi secara year on year pada bulan kemarin turun yakni dari 3,39 persen turun menjadi 3,12 persen.

"Kemudian, untuk bulan ke bulannya kita naik 0,01 persen. Naik sedikit," kata Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis 4 Juli 2024.

Pemko Pekanbaru tetap berupaya untuk menjaga inflasi agar tidak melonjak naik. Satu upaya yakni dengan menjamin ketersediaan pasokan, kemudian melakukan komunikasi dengan daerah penghasil bahan pokok.