1.330 Pos Disiapkan dalam Pekan Imunisasi Polio di Pekanbaru

Ilustrasi-imunisasi-polio2.jpg
(ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kegiatan Pekan Imunisasi Polio (PIN) di Kota Pekanbaru bakal bergulir mulai 23 hingga 29 Juli mendatang. Masyarakat pun diimbau agar membawa anak mereka ke pos-pos layanan kesehatan yang telah disediakan.

Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menyiapkan sebanyak 1.330 pos PIN guna menyukseskan imunisasi polio. Masyarakat pun bisa langsung mengaksesnya di fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di 15 kecamatan.

Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, PIN polio bertujuan melindungi anak-anak dari ancaman penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.

"Selain di faskes, pos PIN polio juga kita siapkan di pusat-pusat kegiatan masyarakat seperti mal dan pasar. Totalnya ada 1.330 pos PIN yang kita siapkan," kata Ingot Ahmad Hutasuhut, Jumat 19 Juli 2024.



Diskes bersama pihak kecamatan terus menyosialisasikan pelaksanaan PIN polio kepada warga. Sosialisasi juga dilakukan di media sosial dan pusat-pusat perbelanjaan.

Ada sekitar 65 ribu bayi bawah lima tahun (balita) yang akan menjadi target imunisasi tahun ini. Target itu termasuk balita yang sudah diberikan imunisasi polio.

"Kita optimis, tanggal 23 nanti PIN polio ini bisa kita laksanakan," ucap Ingot.

Mereka menargetkan 90 persen anak-anak di Kota Pekanbaru bisa mendapatkan imunisasi polio dalam PIN polio nanti. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat.

"Mendata anak-anak usia sasaran imunisasi polio. Jadi, kami juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan," tutupnya.