Deklarasi Batak Riau Dukung SF Hariyanto Hoaks, Diskominfo: Jangan Terprovokasi

Poster-dukungan-SF-Hariyanto-hoaks.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Riau mengajak masyarakat mencermati setiap informasi yang beredar terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Kepala Diskominfo Provinsi Riau Ikhwan Ridwan, mengatakan menjelang tahun politik yang semakin dekat, beragam hal dapat terjadi dan dilakukan oleh oknum tidak yang bertanggung jawab. Oleh karenanya, masyarakat harus selektif agar tidak terhasut informasi hoaks atau bohong.

Salah satu informasi yang beredar adalah terkait Deklarasi Masyarakat Batak Riau untuk mendukung SF Hariyanto sebagai Calon Gubernur Riau 2024-2029. Ia menegaskan, informasi tersebut adalah hoaks.

"Setelah kita kroscek itu tidak benar dan merupakan fitnah yang tak mendasar. Namanya saja samaran, Hal-hal seperti ini yang perlu menjadi perhatian bersama, supaya tidak menjadi fitnah di masyarakat," ujarnya.



Ia mengatakan, tindakan kroscek diperlukan agar tidak menjadi informasi negatif di tengah-tengah masyarakat. Apalagi jika sampai mendiskreditkan kepala daerah atau pejabat publik tertentu. 

"Masyarakat kami harapkan jangan mudah terpancing dan terprovokasi terhadap ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, apalagi mengatasnamakan organisasi masyarakat apalagi instansi pemerintahan. Perlu cek and ricek untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Biro Hukum Setdaprov Riau untuk langkah lanjutan. Karena jika informasi hoaks yang disampaikan terbukti menyudutkan pimpinan sebagai simbol maka akan dilakukan langkah hukum sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.