Kapolda Riau Kumandangkan Takbir saat Sapi Jumbo Dikurbankan di Mapolda

Kapolda-Riau-saksikan-penyembelihan-kurban.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, bersama Pejabat Utama Polda Riau menyaksikan proses penyembelihan sapi kurban berukuran jumbo di Mapolda Riau, Senin, 17 Juni 2024.

Irjen Iqbal yang mengenakan baju koko putih dan peci putih tampak bersemangat saat sapi kurban sudah ditumbangkan dan siap disembelih. Ia pun mengumandangkan takbir saat penyembelihan sapi kurban dimulai. 

Pada Idul Adha tahun ini, Polda Riau menyerahkan 32 ekor sapi kurban dan 20 ekor kambing untuk sejumlah masjid di Kota Pekanbaru.

Pelepasan sapi kurban secara simbolis dilakukan langsung oleh Kapolda Riau didampingi Wakapolda Riau Brigjen K Rahmadi.

32 ekor sapi tersebut, 4 di antaranya kurban dari Kapolda Riau, 1 ekor sapi dari Wakapolda Riau, 1 Irwasda, 2 Biro SDM, 4 Ditreskrimsus, 1 Ditresnarkoba, 3 Ditlantas, 2 Ditbinmas. 

Masing-masing satu ekor sapi kurban dari Ditpolairud, Biro Logistik, Bid Propam, Dit Intelkam, Ditreskrimum dan Biddokkes. Kemudian di Sat Brimob Polda Riau terdapat 8 ekor sapi kurban. 



Kapolda Riau, Irjen M Iqbal mengatakan, seluruh sapi kurban tersebut diserahkan ke 22 masjid, dua musala dan satu ekor sapi disembelih di Mako Brimob. Sementara untuk 20 ekor kambing disembelih di 15 masjid dan satu ekor kambing disembelih di Mako Brimob Polda Riau. 

Selain itu, Polda Riau untuk pertama kalinya melaksanakan pemotongan lima ekor sapi kurban di halaman depan Mapolda Riau. 

"Kali ini pertama kali dipotong disini. Sebelumnya kita melaksanakan pemotongan di masjid-masjid. Alhamdulillah tahun ini plPolda Riau mengorbankan 32 ekor sapi dan 20 ekor kambing," ujar Irjen Iqbal.

Dijelaskan Irjen Iqbal, seluruh daging hasil kurban tersebut diprioritaskan untuk disalurkan kepada kaum dhuafa, anak yatim piatu, fakir miskin dan sebagian kecil ke internal Polda Riau. 

Tidak seperti tahun sebelumnya, daging kurban kali ini diprioritaskan untuk fakir yang berhak menerima dan panti asuhan.

"Semoga keteladanan Nabi Ibrahim AS menjadi pedoman bagi kita dan niat baik kita diijabah Allah SWT," pungkasnya. 

Sebelum penyaluran dan penyembelihan hewan kurban, Polda Riau juga menggelar salat Idul Adha 1445 H berjamaah yang dihadiri ribuan jamaah.