Jumlah Sementara Pemilih untuk Pilwako Pekanbaru Capai 795 Ribu Orang

Ilustrasi-Pilkada1.jpg
(Liputan6.com/Yoshiro)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru mendata pemilih pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Pekanbaru Tahun 2024. Data sementara jumlah pemilih mencapai 795 ribu orang.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita mengatakan jumlah pemilih dalam Pilwako nanti masih terus bertambah jelang penetapan. Mereka merupakan pemilih yang masuk dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

"Jumlah ini masih berubah karena fluktuatif, kami terus pantau secara real time setiap hari," jelasnya, Minggu 16 Juni 2024.

Dirinya menyebut bahwa data pemilih ini masuk dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat. Ada ribuan pemilih pemula yang ternyata belum merekam data untuk KTP elektronik. 


Jumlah warga yang belum mereka data KTP-el mencapai 3.441 orang pemilih pemula. Irma menyebut mestinya mereka sudah melakukan perekaman karena bakal memasuki usia 17 tahun. 

"Kami dorong para pemilih pemula untuk lakukan perekaman data, karena namanya sudah masuk dalam DP4," ujarnya.

Pihaknya membuka layanan perekaman data bagi pemilih pemuka setiap akhir pekan yakni, pada Sabtu dan Minggu. Warga juga melakukan layanan jemput bola ke sekolah sekaligus ke kelurahan.

"Kami berharap bagi yang sudah berusia 16 tahun ke atas untuk melakukan perekaman di dinas maupun di layanan jemput bola kelurahan, KTP bakal dicetak ketika sudah berusia 17 tahun," tandasnya.