IKM dan GPM-IKM Provinsi Riau Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Sumatera Barat

DPW-IKM-salurkan-bantuan-di-sumbar.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Minangkabau (DPW IKM) Provinsi Riau bersama Gerakan Pemuda Minangkabau (GPM-IKM) Provinsi Riau, Rabu, 22 Mei 2024, menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Batusangkar, Sumatera Barat (Sumbar). Pelepasan dipimpin langsung Sekretaris DPW IKM Agusman Sikumbang, Zoel Tanjuang selaku Bendahara, Ketua DPW GPM-IKM Provinsi Riau, Abdul Khair, Anggota DPRD Provinsi Riau dari Partai PAN, Ade Hartati Rahmat, beserta Anggota DPRD terpilih dari partai GERINDRA Delvi Suseno, IKM dan GPM-IKM Dumai, Tualang, Lubuk Dalam dan Pekanbaru.

Agusman Sikumbang dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan ini dalam bentuk solidaritas kemanusiaan perantau Minang di provinsi Riau. "Sebelumnya saya menyampaikan salam dan hormat dari Ketua DPW IKM Provinsi Riau, Suharmansyah, yang kebetulan sedang berada di Siak untuk kepentingan kliennya di persidangan. Dan kami berharap, gerakan solidaritas ini mampu menguatkan persatuan kita di perantauan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW GPM-IKM Provinsi Riau, Abdul Khair menambahkan jika bantuan ini berasal dari IKM dan GPM-IKM beberapa kabupaten Kota di Riau yang penyerahannya akan langsung ke 3 titik lokasi di Batusangkar tepatnya di Nagari Parambahan, Sungai Jambu dan Manunggal. "Kami menuju ketiga titik tersebut karena disana banyak korban jiwa dan daerah yang sangat rawan. Berdasarkan informasi itulah, kami akan menyampaikan dalam bentuk barang dan uang tunai," ujarnya.



Di lain sisi, Ade Hartati Rahmat, selaku perempuan Minang yang juga hadir melepas bantuan mengatakan jika dirinya sebagai anggota DPRD Provinsi Riau jika dibutuhkan nantinya akan menyampaikan ke pemerintah provinsi untuk pengiriman tenaga medis. 

"Belajar dari pengalaman bencana di Pariaman dulu, kami bersama pemprov Riau mengirimkan  bantuan tenaga medis ke lokasi gempa. Namun, kami akan menanti informasi lanjutan dari lapangan," tandasnya.

Tim IKM dan GPM-IKM dipimpin oleh Abdul Khair dan Rinaldi Sutan Sati, dan berangkat pukul 07.00 WIB dari Pekanbaru, didahului dengan keberangkatan mobil barang pada dini hari sebelumnya.