Pengungsi Rohingya ke Pekanbaru, Warga: Nanti Diberi Hati Minta Jantung

Pengungsi-Rohingya-di-Aceh.jpg
(ANTARA/FB Anggoro)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat Pekanbaru heboh ketika melihat belasan warga etnis Rohingya terlantar di jalanan kota. Mereka awalnya berada di sekitar Purna MTQ pada Kamis, 14 Desember 2023 pagi.

Belasan orang warga dari etnis Rohingya sudah meninggalkan lokasi itu setelah mendapat penolakan warga yang ada di sana. Mereka meninggalkan kawasan Purna MTQ dari gerbang belakang.

 

Bertolak dari MTQ, warga etnis Rohingya menyusuri Jalan OK M Jamil secara beriringan. Para warga etnis Rohingya ini tampak membawa barang seadanya.

 

Masyarakat Kota Pekanbaru menaruh kekhawatiran dengan kedatangan pengungsi ini. Mereka tidak ingin ada kejadian seperti di Aceh. Pengungsi Rohingnya diduga komplain soal jatah makanan.

 

"Jangan kejadian sudah nyata di Aceh terjadi di Pekanbaru, pengungsi harus bisa mengedepankan etika ketika datang. Jangan dikasih hati nanti minta jantung," kata Nurul, warga Marpoyan Damai, Jumat 15 Desember 2023.

 


Diberikan sebelumnya, 13 orang pengungsi Rohingnya ditemukan terlantar di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Konsulat Malaysia, Kamis, 14 Desember 2023.

 

Saat ditanya, tidak satupun dari para pengungsi bisa berbahasa Indonesia atau bahasan Inggris. Mereka terlihat tidak didampingi translator.

 

Dari pantauan RIAU ONLINE, terlihat enam orang pria dewasa, lima orang wanita dan satu balita duduk di tepi Jalan Jenderal Sudirman.

 

Sesekali mereka meminta makanan dari para pejalan kaki yang melintas dengan menggunakan isyarat tangan. Terlihat penampilan mereka lusuh dan kelaparan hanya duduk dan sebagian lagi berbaring di pinggir jalan.

 

Seorang warga yang melintas, Herman mengatakan, mereka sudah tiba sejak malam. "Dari tadi malam, di beberapa tempat ada terlihat," ujarnya.