Rancangan Detil Bangunan MPP Sedang Berjalan, Anggaran Capai Rp 500 Juta

Lahan-bekas-MPP-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pembongkaran gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru yang terbakar pada Maret 2023 lalu telah selesai. Lahan tersebut sekarang dimanfaatkan untuk parkir kendaraan bagi masyarakat yang berkunjung ke MPP Pekanbaru.

 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membuat Detail Engineering Design (DED) pembangunan eks gedung utama MPP Pekanbaru. Mereka menggandeng konsultan untuk perancangan detil bangunan.

 

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan, saat ini pembuatan DED sedang berjalan dan baru pendahuluan. "Desember 2023 ini selesai," ujarnya, Rabu 6 Desember 2023.

 

Pembuatan DED gedung utama MPP ini dianggarkan pada APBD Perubahan tahun 2023 dengan nilai mencapai Rp 500 juta. 

 


Edward mengungkapkan pihaknya belum bisa memastikan apakah nantinya untuk pembangunan ulang gedung utama MPP bakal mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

 

"Sampai sejauh ini belum ada, kita baru coba-coba semuanya, tapi belum ada yang tembus, tapi kita tetap usaha untuk mendapatkan bantuan dari pusat," ungkapnya.

 

Pemerintah kota juga berharap nantinya ada kucuran anggaran dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau. Seiring dengan itu, mereka terus mematangkan perencanaan pembangunan gedung baru MPP. 

 

"Kita berharap nanti dengan Bankeu APBN bisa dilaksanakan, tapi yang jelas kita mematangkan terhadap perencanaan yang sedang berjalan. Karena uangnya lumayan juga, jadi kita belum tahu kebutuhan keuangan berapa, untuk sementara dibersihkan dan dikosongkan," paparnya.

 

Dirinya menambahkan bahwa perencanaan awal nantinya gedung baru MPP bakal terintegrasi dengan ruang publik atau ruang terbuka hijau. Rencana ini yang bakal dibahas dalam forum diskusi publik nanti.

 

"Nanti akan ada FGD terkait perencanaan. Mungkin akan menjadi bangunan terpadu, gedung MPP dengan gedung layanan publik, apakah dengan RTH, masih pra perencanaan, akan tetap gedung MPP yang dikombain dengan RTH atau alun alun, ini sambil berjalan," ulasnya.

 

Saat ini dari tiga gedung layanan di Komplek MPP Pekanbaru hanya dua yang berfungsi. Satu gedung Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pekanbaru. Gedung lainnya yakni Gedung C MPP untuk layanan perizinan dan non perizinan.