Pekan Ini Harga Komoditi Perekebunan di Riau Naik, Berikut Rinciannya

Ilustrasi-kelapa-butir.jpg
(ANTARA FOTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Perkebunan mendata, harga komoditi perkebunan di Provinsi Riau pada pekan ini banyak yang mengalami kenaikan.

 

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan seperti pinang kering naik dibanding pekan lalu. 

 

Per kilogramnya, harga pinang kering berada pada level Rp6.110, atau naik Rp10 dari pekan lalu.

 

"Harga harga pinang kering (100%) tersebut berlaku di Kabupaten Kampar, Siak, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti," ujarnya, Rabu 29 November 2023.

 

Defris menyebut, untuk harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti sebesar Rp5.200 atau naik Rp100 dari pekan lalu.


 

"Kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode minggu ini sebesar Rp2.788 per kilogram atau naik Rp88," jelasnya. 

 

Namun, ada beberapa produk komoditi perkebunan lainnya di Provinsi Riau yang stagnan atau tidak mengalami kenaikan. Diantaranya, tepung sagu basah berada diangka Rp2.350 per kilogram. Berlaku di Kabupaten Siak, Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti. 

 

Disusul, harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota di tingkat petani/KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp8.000 per kilogram.

 

"Kami Dinas Perkebunan Provinsi Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat," pungkasnya.