Muflihun Imbau OPD Segera Realisasikan APBD Perubahan 2023

Muflihun111.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengingatkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk segera merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023. 

Muflihun menyampaikan bahwa saat ini APBD Perubahan 2023 Kota Pekanbaru sudah bisa digunakan. Ia meminta agar masing-masing OPD agar segera menyelesaikan segala proses administrasi.

 

"Kita juga mengimbau kepada OPD, karena waktu sudah tidak lama lagi akhir tahun 2023. Tapi memang tidak banyak pergeseran anggaran, karena kita banyak rasionalisasi," ujar Muflihun, Jumat 24 November 2023.

 

Dikatakannya, rasionalisasi yang dilakukan Pemko Pekanbaru saat ini adalah fokus pada pembayaran tunda bayar yang terjadi sebelumnya. Pasalnya, banyak anggaran Pemko Pekanbaru yang dirasionalisasi.


 

"Karena penggunaan uang negara, pemerintah tentu ada laporan pertanggungjawaban. Kita di akhir tahun ini segera diselesaikan," ujarnya.

 

Menurutnya, pada APBD Perubahan ini, Pemko Pekanbaru tidak lagi menganggarkan untuk kegiatan yang baru. Mereka hanya fokus pada penyelesaian kegiatan dan program-program yang sebelumnya sudah berjalan.

 

APBD Perubahan Kota Pekanbaru sudah disetujui oleh DPRD Pekanbaru sebesar Rp 2,895 triliun pada 27 September 2023 lalu. Anggaran tersebut naik sekitar Rp 195 miliar dari APBD 2023 Pemko Pekanbaru Rp 2,699 triliun.