Peluang Vokasi di Dunia Industri, PCR Gelar Grand Open House BK Fair

Politeknik-Caltex-Riau2.jpg
(Riau Online/Rahmadi Dwi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Politeknik Caltex Riau menggelar Grand Open House BK Fair bertema Peluang Vokasi di Dunia Industri. Kegiatan diikuti 165 peserta terdiri dari siswa, guru dan orangtua siswa. 

"Hari ini kita menggelar kegiatan grand open house untuk bapak ibu sekalian dengan mengadakan kegiatan seminar terkait peluang Vokasi di dunia industri," ujar Wadir Bidang Keuangan, Kepegawaian dan Umum, Yohana Dewi Lulu, Selasa, 21 November 2023.

Ia mengatakan, pihaknya ingin memberikan informasi terkait dengan PCR. Ia berharap, dengan kegiatan ini peserta bisa membagikan dan bisa menginformasikan bagaimana pendidikan di PCR.

"Kata orang tak kenal maka tak sayang, mari mengenal. Yang sudah mengenal mari sharing kira-kira apa pengalamannya. Mudah-mudahan dengan mengenal, bapak ibu bisa membagikan dan bisa menginformasikannya kepada rekan-rekan, ke siswa terutama untuk bapak ibu guru terkait dengan bagaimana pendidikan di PCR ini," tuturnya.

Secara umum, PCR memiliki posisi yang strategis untuk menciptakan generasi yang memiliki produktivitas dan daya saing. 

"Karena sebenarnya pendidikan politeknik itu berbeda dengan pendidikan akademik pada umumnya," jelasnya.


Yohana menyebut, jalur pendidikan itu ada dua yaitu jalur akademik dan vokasi. Jalur akademik itu fokus menekankan pada keilmuan, jadi meneliti dan menemukan sesuatu yang baru. Sedangkan pendidikan vokasi dalam hal ini PCR lebih menekankan pada pembelajaran yang terstruktur dan keahlian.

"Alumni PCR sudah banyak dan tersebar ke berbagai daerah. Kita ngambil sampel satu di RAPP, yaitu industri besar di Riau dan jadi incaran jutaan pencari kerja khususnya alumni PCR," sebutnya.

Sementara itu, Forest Planning Head PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Jamiatil Fajri menjelaskan, berdasarkan sensus penduduk usia produktif terjadi pada tahun 2030, kenyataannya mulai tahun 2020 usia produktif sudah mulai terlihat.

"Generasi Z sekarang sudah masuk ke dunia kerja, milenial sudah memasuki usia pensiun. Generasi X harus disiapkan sedari sekarang agar siap memasuki dunia kerja dan tentunya persaingannya sangat ketat," ungkap Jamiatil.