Babak Final Catur Standar Digelar Akhir Pekan Ini, Cek Jadwalnya

Catur-di-porwil-sumatera.jpg
(Anisa/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cabang olahraga (cabor) catur Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI 2023, dengan nomor Catur Standar masih berlangsung di Ballroom Hotel Aryaduta, Kota Pekanbaru.  

Wasit Ketua Cabang Satu, dari Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Herman Kurniadi, mengungkapkan selama pertandingan berlangsung berjalan dengan baik dan tidak ada peserta yang protes.

"Jadi mulai dari tanggal 8 November hingga 11 November kita akan melaksanakan catur standar. Catur Standar ini merupakan catur yang menggunakan batas waktu 90 menit dengan penambahan waktu 30 detik," ujarnya saat diwawancarai RIAU ONLINE, Kamis 9 November 2023.

Ia menjelaskan, untuk catur nomor kilat dan cepat bukan termasuk seleksi untuk Pekan Olahraga Nasional (PON), tetapi tetap akan mendapatkan medali untuk kapasitas wilayah provinsi di Sumatera.

"Nah yang paling menentukan untuk yang ikut PON itu di sini yakni catur standar. Karena catur standar itu lama, kalau kemarin kan hanya sehari untuk catur kilat, catur cepat 2 hari, sementara catur standar itu ada 4 hari," jelasnya.

Herman menyebutkan, namun untuk sistem penilaian masih sama seperti catur kilat dan cepat. 

"Jadi nanti yang 8 provinsi itu ketemu semua. Sehingga dibuatlah  7 kali bertanding. Dalam 7 bertanding itu siapa yang nilainya tertinggi, dia yang lolos untuk PON tersebut. Pada intinya catur ini bukan sistem gugur, tetapi sistem jumpa," katanya.



"Untuk pemberian medali juga sistemnya sama ketiga catur tersebut. Dengan jumlah medali Emas 6, Perak 6 dan Perunggu 6. Dimana akan diberikan tiap provinsi yang juara di kategori juara perorangan, juara Beregu serta juara papan 1,2,3 dan 4. Sekali lagi ini hanya berlaku di Pra-PON saat ini, tidak berlaku di tempat lainya. Karena Porwil ini menjadi ajang multi event yang mungkin setiap provinsi mendapatkan medali,"  tambahnya.

Menurutnya, untuk kemenangan belum bisa diprediksi, karena masih ada beberapa sesi hingga 7 babak sebagai penutup. 

"Kalau sekarang masih fifty-fifty, semuanya masih rata, jadi untuk keputusannya yang lolos untuk PON itu ada di hari Sabtu dimana babak terakhir dan UPP," tutupnya.

Berikut jadwal pertandingan Catur Standar di antaranya:

Rabu, 08 November 2023: Babak 1 dan 2

Kamis, 09 November 2023: Babak 3 dan 4

Jumat, 10 November 2023: Babak 5 dan 6

Sabtu, 11 November 2023: Babak 7 dan ditutup dengan Upacara Penghormatan Pemenang (UPP).

Artikel ini ditulis Annisa, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE