Nomor Double Sepak Takraw Putri Riau Sumbang Emas Usai Taklukan Babel

Sepak-takraw-riau.jpg
(LUKMAN/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perolehan medali Riau kembali bertambah Pekan Olahraga wilayah (Porwil) XI Sumatera 2023. Tim nomor double sepak takraw putri berhasil meraih satu medali emas pada laga final melawan Kabupaten Bangka Belitung (Babel) di lapangan venue takraw kawasan Purna MTQ, Selasa 7 November 2023.

Tim Sepak Takraw Riau yang bermain pada partai final berhasil menaklukkan tim takraw Provinsi Babel tanpa 2 gim tanpa rubber set. 

Pada Regu 1 tim Riau berhasil menang 2:0. Riau unggul atas Babel dengan skor, 21-5 pada set pertama dan 21-9 set kedua.

Kemudian pada Regu 2 tim Riau juga berhasil mengalahkan Babel 2-0. Riau kembali unggul dengan skor 21-7 dan 21-7.

Kemenangan tersebut, berhasil mengantarkan double tim putri Riau sebagai juara grup sekaligus mendapatkan medali emas untuk kontingen Riau dengan koleksi 12 poin penuh.

Kemudian di posisi runner-up, ditempati oleh double tim putri Sumatera Barat (Sumbar) yang meraih medali perak melalui tiga kali kemenangan dengan koleksi total 9 poin. 


Sedangkan untuk medali perunggu bersama didapatkan oleh Sumatera Selatan dan Jambi.

Dengan hasil itu, juara grup dan runner-up yakni Riau dan Sumbar dipastikan lolos PON Aceh-Sumut 2024. Sementara tim di bawahnya terpaksa rela menunggu empat tahun lagi untuk lolos PON berikutnya.

Manajer double putri Riau Supardi Hutabarat selepas pertandingan mengucapkan rasa syukurnya atas kesuksesan timnya meraih emas dan sekaligus lolos di nomor utama PON Aceh Sumut 2024. Menurutnya, hasil ini adalah buah dari kerja keras selama latihan.

"Hasil ini merupakan buah dari kerja keras selama latihan. Mereka bermain dengan semangat dan pantang menyerah. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak," Jelas Supriadi Hutabarat.

Setelah lolos PON di nomor utama, Riau masih akan bermain di tiga nomor lainnya untuk perebutan medali Porwil dan sudah tak terbebani lagi dengan kualifikasi PON 2024.

Akan tetapi, keberhasilan double tim putri ini tidak dibarengi oleh double tim putra. Muhammad hafidz dan kawan-kawan kalah dari Kepulauan Riau (Kepri) 1-2 pada babak  semifinal, Senin 6 November 2023. Hasil itu membuat Riau gagal lolos ke nomor utama PON 2023 dan harus ikut kualifikasi nomor inter regu hari ini.

Artikel ini ditulis Lukman Al Hakim, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE