Naga Hala Rintang Riau Raih Medali Emas Porwil Cabor Barongsai

Cabor-Barongsai-Porwil.jpg
(Riau Online/Anggi Devtami)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kontingen Riau menoreh hasil terbaik pada hari kedua Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI tahun 2023, Senin 6 November 2023 untuk Cabang Olahraga (Cabor) Barongsai. Mereka meraih satu medali emas dan dua medali perak dalam cabor yang dipertandingkan di Hall A komplek Sport Center Rumbai.

Peraihan medali emas dalam pertandingan Cabor Barongsai di kategori Naga Hala Rintang dengan waktu 1 menit 25 detik. Lalu medali perak berhasil diperoleh Kontingen Provinsi Riau untuk kategori Barongsai Tradisional dengan perolehan nilai 8,61 dengan waktu 1 menit 4 detik.

Menanggapi hal tersebut, Technical Delegate Cabor Barongsai Porwil XI Sumatera 2023, Heryanto Salim mengatakan Cabor Barongsai yang dipertandingkan pada hari kedua terdiri dari tiga nomor yakni Barongsai Tradisional, Naga Halang Rintang dan terakhir Halang Rintang.

"Untuk Barongsai Tradisional ada empat Provinsi yang ikut yaitu Sumatera Barat, Riau, Lampung dan juga Kepri, untuk yang nomor Barongsai Halang Rintang ada empat provinsi juga yang ikut sementara untuk Naga Halang Rintang hanya 3 provinsi yang ikut yaitu Lampung Sumatera Barat dan Riau," jelasnya.


Keberhasilan kontingen dari Cabor Barongsai menambah pundi medali Kontingen Porwil Sumatera XI tahun 2023. Hasil itu menambah kesempatan kontingen asal Riau untuk meraih hasil terbaik.

Apalagi Riau pada ajang ini bertindak sebagai tuan rumah. Total medali yang telah diraih oleh Provinsi Riau dari seluruh cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan ialah 8 medali emas.

Sebanyak 5 medali dari cabang olahraga Renang dan 3 medali dari cabang olahraga Barongsai. Ada juga 2 medali perak dan 3 medali perunggu.

Ajang Porwil Sumatera XI berlangsung mulai 4 November hingga 14 November 2023. Ajang ini mempertandingkan sepuluh cabor. Namun dihari kedua ini yang dipertandingkan Cabor Barongsai.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE