Hampir Rampung, Pedagang Pasar Bawah akan Pindah ke TPS Pelindo

TPS-Pasar-Bawah.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tempat Penampungan Sementara (TPS) bagi pedagang Pasar Bawah sudah hampir siap dibangun, sehingga dalam waktu dekat ini pedagang akan dipindahkan ke tempat baru.

Bagian Bisnis dan Pemasaran Pasar Bawah, Ahong mengatakan bahkan persiapan tempat sudah mencapai 90 persen dan pemindahan diperkirakan akan dilakukan pada awal November nanti.

"Kemungkinan di awal bulan november ini pemindahan. Untuk memastikan tanggal berapanya, sebetulnya udah bisa kita pastikan. Tapi ada beberapa pedagang sampai saat ini masih renovasi di TPS mungkin untuk lebih mempercantik kiosnya. Untuk persiapan tempat bisa dikatakan udah 90 persen dengan banyak kios 293. Untuk sistemnya kita membeli kios yang sudah direnovasi nantinya baik itu basement, lantai 1 dan 2 nanti, maka gratis 1 TPS. Sebab TPS di sana itu memang diperuntukan untuk pedagang di sini semua," ujarnya saat diwawancarai RIAUONLINE.CO.ID, Rabu 01 November 2023.

Ia menyebutkan, TPS tersebut dibangun sekitar dua bulan sehingga semua pedagang di Pasar Bawah dipindahkan ke lokasi TPS yang dekat Pelabuhan Pelindo.

"Jadi Setelah pemindahan nantinya, maka kita mulai pemagaran di sini. Lalu mulai renovasi. Karena kalau tidak dipindahkan nanti takut ada yang tertimpa dan lain sebagainya. Sehingga tidak ada lagi aktivitas disini dan harus dikosongkan," jelasnya.


Hong menambahkan, para pedagang sendiri juga tidak merasa keberatan terkait pemindahan tersebut sebab sudah disediakan tempat yang layak.

"Karena kita sudah menyiapkan tempat baru. Jadi mereka tidak ada alasan lagi tidak ada tempat. Untuk TPS itu boleh siapa saja yang menempati dengan kententuan yang ada. Syaratnya wajib membeli kios dan sekiranya mereka tidak mampu kita bakalan kontrakan kios ini nantinya. Untuk TPS tetap ada kutipan seperti maintenance, listrik serta parkiran. Namun untuk harga setiap kios di TPS masih belum kita tentukan, itu nanti sama-sama kita kumpul dulu dari ketua pedagang bagaimana bagusnya," tuturnya

Ia berharap, nantinya bangun yang telah direnovasi lebih signifikan dari yang sudah-sudah dan otomatis lebih bagus untuk ke depannya.

"Seperti nantinya akan ada penambahan akses, fasilitas mungkin lantai 1 dan 2 pakai Air Condutioner (AC), lalu penambahan eskalator dan lift. Intinya kenyamanan bagi konsumen itu yang kita utamakan," kata Hong.

Sementara Pedagang Pasar Bawah, Edi (49) mengungkapkan pemindahan belum dilakukan, sebab ada beberapa TPS yang masih belum rampung.

"Kalau saya tidak merasa keberatan karena pasar nantinya kan mau direnovasi. Namun saya tidak ikut pindah ke TPS, saya tetap berjualan tapi nanti berjualan di luar gedung ini," tutupnya.

Artikel ini ditulis Anissa Alzikri peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE