Pemko Pekanbaru Minta Bantuan Pusat Renovasi SDN 83 yang Terbakar

kebakaran45.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Proses renovasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 83 Pekanbaru pasca kebakaran beberapa waktu lalu bakal berlangsung dalam dua tahap. Ada rencana bangunan yang terdapat empat ruang kelas itu bakal dibongkar.

Bangunan berlantai dua di Jalan Pontianak tersebut tidak bisa digunakan lagi lantaran sudah rapuh sehingga harus dibongkar. Pemerintah Kota Pekanbaru rencananya membangun kembali sekolah pada tahun 2024.

 

"Bangunan itu harus dibongkar, tidak bisa digunakan lagi. Ada empat ruang kelas di sana," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Selasa 31 Oktober 2023.

 

Pihaknya juga menyiapkan skenario lain untuk anggaran pembangunan gedung baru di SDN 83 Pekanbaru. Mereka bakal meminta bantuan anggaran dari pemerintah pusat untuk membangun kembali gedung yang terbakar.

 


"Kita sudah pernah minta bantu pemerintah pusat saat SMPN 7 Pekanbaru terbakar beberapa waktu lalu," jelasnya.

 

Dirinya menyampaikan bahwa Pj Wali Kota Pekanbaru sudah memberi arahan agar bisa dinas pendidikan berkoordinasi dengan BPKAD Kota Pekanbaru. Ia menyebut, pada tahap awal dilakukan terhadap gedung yang terbakar di bagian atas. 

 

Renovasi awal ini menggunakan anggaran Belanja Tidak Tetap (BTT) sebesar Rp 500 juta. Anggaran ini digunakan untuk memperbaiki bagian atas gedung itu.

 

"Nantinya 12 ruang kelas sudah bisa digunakan. Ada enam kelas di atas dan enam kelas lagi di bawah," paparnya.

 

Proses pengerjaan bangunan sekolah pasca kebakaran itu bakal berlangsung pada Februari 2024 mendatang. Ia menyampaikan bahwa pada tahun ajaran baru seluruh murid sudah belajar di gedung baru SDN 83 Pekanbaru.

 

"Kita berupaya agar bisa lelang cepat pada awal tahun, agar bulan Februari sudah dimulai perbaikan," tutupnya.