Sampah Menumpuk di Parit Jalan HR Soebrantas Timbulkan Aroma Busuk

Tumpukan-sampah36.jpg
(Riau Online/Lukman Al Hakim)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Berbagai jenis sampah plastik diduga sengaja dibuang sembarangan oleh sejumlah oknum membuat saluran air di parit tersumbat.

Tak hanya itu, tumpukan sampah tersebut juga menimbulkan aroma tak sedap hingga menganggu masyarakat sekitar. Seperti di sepanjang Jalan HR Soebrantas

Terlihat banyak tumpukan sampah di sepanjang area tersebut. Jenis sampah mulai dari sampah rumah tangga, seperti botol plastik, sisa makanan, hingga yang paling parah roda Fuso juga masuk ke drainase.

Warga di Jalan Purwodadi, Kecamatan Binawidya, Farhan (45) menuturkan keresahannya tentang keberadaan tumpukan sampah yang hanya berjarak beberapa meter dari drainase.

"Tumpukan sampah ini sering meluber sampai ke parit. Apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan, tinggal tunggu banjir aja. belum lagi aroma busuk yang keluar juga sangat meresahkan," keluhnya, Sabtu, 28 Oktober 2023.


Warga lainya, Febri (52) mengatakan, banjir sudah menjadi pemandangan biasa saat hujan turun. Menurutnya selain buruknya sistem drainase, masih ada warga setempat belum juga memiliki kesadaran penuh membuang sampah pada tempatnya.

“Yang kena dampaknya kan kita warga di tinggal di bagian bawah. Setiap kali hujan turun, sampah dari atas akan mengikuti aliran air dan menumpuk di kita. Meski sudah diimbau terus-menerus buang sampah pada tempatnya bukan di parit, tetap saja ada warga belum menyadari itu,” kesalnya.

Lebih lanjut ia mengharapkan agar pemerintah bisa bertindak tegas terhadap pelaku pembuangan sampah sembarangan.

"Semoga bisa segera dibersihkan, kasih tindakan tegas, atau pasang CCTV, jadi tahu yang buang sampah bisa dikasih denda," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Lukman Al Hakim, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE