Air Luapan Drainase Genangi Jalan Teladan, Warga: Banyak Pemotor Jatuh

Jalan-teladan-rusak.jpg
(LUKMAN/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru akhir-akhir ini diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga deras. Akibatnya, sejumlah titik jalan di Kota Pekanbaru digenangi air dari drainase yang tersumbat.

Seperti di Jalan Teladan, Kecamatan Binawidya. Pantauan RIAU ONLINE, Selasa 24 Oktober 2023, kondisi jalan terparah terlihat di depan SDN 192 Pekanbaru sepanjang 15 meter dengan lebar sekitar 4 meter. Jalan Teladan merupakan penghubung dari Jalan Garuda Sakti menuju Jalan Merpati Sakti.

Kondisi jalan yang rusak dan digenangi air dikeluhkan sejumlah warga sekitar, satu di antaranya Bahri (43). Ia menyebut jalan tersebut sudah rusak bertahun-tahun, dan tak kunjung ada perbaikan dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

"Sudah bertahun-tahun begini, banyak pemotor yang jatuh dan warga yang mengeluh. Termasuk saya yang tinggal di daerah sini," jelasnya.



Menurut Bahri, air yang menggenangi jalan berasal dari drainase yang tersumbat karena tertutup pasir dan semak belukar. Jika hujan, air dari drainase akan menggenangi jalan.

"Ini banjirnya bisa sampai betis seperti dua hari yang lalu, bahaya juga apalagi kalau malam hari, nga jarang juga ada kendaraan yang mogok. Ya itu gara-gara drainase di sana (tepi jalan) tidak lancar, tertimbun pasir sampai sudah ditumbuhi rumput liar," tambah Bahri.

Keluhan serupa disampaikan Melda (32), seorang wali murid SD 192. Ia meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk memperbaiki jalan tersebut serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) agar membersihkan saluran drainase, sehingga ketika hujan deras air tidak meluap ke jalan.

“Saya berharap supaya pemerintah bisa memperbaiki jalan ini, supaya warga dan pengendara bisa nyaman saat melintasi jalan ini, terutama kami para wali murid,” tandas Melda.

Artikel ini ditulis Lukman Al Hakim, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE