Masuk Musim Hujan, Masyarakat Pekanbaru Diimbau Antisipasi Banjir dan Longsor

Hujan56.jpg
(Sufri Yuliardi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kondisi kabut asap di Kota Pekanbaru mulai membaik seiring kualitas udara di level sedang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Kota Pekanbaru memasuki musim hujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru memastikan hujan yang melanda sejak Minggu, 22 Oktober kemarin tidak berdampak bagi masyarakat. Ia menyebut kondisi pasca hujan masih aman terkendali.

"Alhamdulillah kondisi aman dan terkendali, kita sudah pantau di wilayah rawan," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Senin 23 Oktober 2023.

Pihaknya melakukan langkah antisipasi ketika wilayah kota memasuki musim hujan. Ia mengatakan bahwa masih ada wilayah yang rawan banjir.


Tak hanya itu, wilayah rawan longsor masih mengancam pemukiman masyarakat. Ia mengimbau masyarakat di kawasan rawan longsor agar mengantisipasi munculnya ancaman angin kencang maupun angin puting beliung.

Musim hujan membuat gambut yang ada di Kota Pekanbaru tetap basah. Apabila terjadi kebakaran lahan nantinya tentu tidak terlalu berdampak pada lahan di sekitarnya.

Pihaknya menyebut kondisi kebakaran lahan di Kota Pekanbaru saat ini terkendali. Apalagi pihaknya berkoordinasi dengan camat untuk mendeteksi dini kebakaran lahan.

"Titik api saat ini nol, tapi kami tetap cepat tanggap terhadap laporan masyarakat perihal kebakaran lahan," pungkasnya.