Gibran jadi Cawapres Prabowo Subianto, PDIP Riau Sebut Tak Pengaruhi Suara Ganjar

Sugeng-Pranoto.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, secara resmi mengumumkan nama Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapresnya di Pilpres 2024.

Pernyataan lengkap Prabowo saat mengumumkan calon pendampingnya di Pilpres 2024 tersebar melalui video di media massa. Kutipan pernyataan Prabowo Subianto dapat dituliskan sebagai berikut:

"Selamat malam saudara-saudara sekalian. Baru saja, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari delapan partai politik, yaitu Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, Partai Garuda, dan Partai Prima, yang dihadiri lengkap oleh ketua umum masing-masing dan sekjen masing-masing, telah berembuk secara final secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden KIM untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM," ujarnya.

"Saya kira itu, pengumuman yang saudara tunggu-tunggu, ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 [Oktober], hari Rabu, kita akan daftar di KPU. Demikian. Terimakasih. Saya kira tidak perlu ada pertanyaan lagi. Ini keputusan aklamasi bulat, dan konsensus, dan kita siap maju untuk Indonesia maju," lanjutnya.


Menanggapi manuver kader PDIP yang merupakan anak kandung dari Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming tersebut, dianggap tidak akan memengaruhi suara masyarakat untuk pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD di Riau.

"Nggak akan memberikan pengaruh, karena pemilih PDIP itu sudah jelas di Riau," ujar Anggota Fraksi PDIP Sugeng Pranoto, Senin, 23 Oktober 2023. 

Menurutnya, suara dari kader PDIP Riau dan partisipan serta relawan PDIP di Riau sudah membulatkan suara untuk mendukung Ganjar Pranowo - Mahfud MD, yang merupakan pasangan capres-cawapres usungan PDIP. 

Dalam waktu dekat, PDIP Provinsi Riau juga akan menggelar Rapat koordinasi dan Rakerda ke masing-masing Kabupaten kota se-Riau untuk pemenangan di daerah. Serta melakukan konsolidasi bersama partai-partai koalisi pengusung Ganjar-Mahfud.

"Ya kita ingin Ganjar menang di Riau nanti, lewat kerja keras kader, relawan dan partai pengusung di Riau," pungkasnya