Poster Caleg Menjamur di Pohon dan Tiang Listrik Kota Pekanbaru

Poster-caleg-di-pohon-sepanjang-jalan.jpg
(LUKMAN/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menjelang  pesta demokrasi 2024 sejumlah alat peraga kampanye (APK) bakal caleg dipasang tak sesuai aturan.

Seperti di beberapa sudut Jalan Tuah Karya, Taman Karya dan Jalan Swakarya, Kota Pekanbaru, banyak poster dan banner bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ditempel di pohon dan bahkan di tiang listrik.

Pantauan RIAU ONLINE, poster dan banner bacaleg itu terpaku di pohon-pohon hingga tiang listrik di sepanjang jalan.

Kondisi itu dikeluhkan warga karena merusak pemandangan lantaran dipasang di sembarang titik. Warga menilai poster dan banner yang dipakukan juga merusak pohon.

"Sebagai warga yang tinggal dekat sini tentunya sangat menyayangkan pemasangan poster-poster ini. Selain merusak pohon, terlihat beberapa poster dipasang asal-asalan sehingga merusak pemandangan," keluh warga, Dariati (48).


Lebih lanjut ia meminta agar poster bacaleg itu bisa segera ditertibkan. Ia pun meminta para bakal calon wakil rakyat tidak asal memasangkannya.

"Ini belum mulai aja sudah begini, apalagi nanti sudah hari-H. Bisa semakin penuh dan sembarangan pasangnya," jelasnya.

Senada dengan Dariati, Wadi (33), warga lainnya juga mengeluhkan hal serupa. Ia berharap agar segera ditertibkan oleh Satpol PP atau bacaleg yang punya poster itu bisa mencopotnya sendiri.

"Iya, harusnya partai politik dan para calegnya itu lebih peduli lagi terhadap lingkungan. Jangan malah belum apa-apa saja sudah merusak pohon, itu menandakan partai caleg tersebut memang nggak peduli sama lingkungan sekitarnya," tegasnya.

Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) di KPU baru akan diputuskan pada 4 November 2023. KPU juga belum memberlakukan jadwal kampanye.

Artikel ini ditulis Lukman Al Hakim, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE