Layanan Masyarakat di Kelurahan Tangkerang Tengah Bersih dari Pungli

Kantor-lurah-tangekerang-tengah.jpg
(Abimasarmansyah/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kelurahan merupakan ujung tombak dari pemerintahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kelurahan Tangkerang Tengah, Kota Pekanbaru, pun melayani masyarakat dengan maksimal sesuai pedoman penyelenggaraan pelayanan publik.

Pantauan RIAU ONLINE, Senin, 9 Oktober 2023, masyarakat mendapatkan pelayanan dan respon baik dari pihak Kelurahan Tangkerang Tengah.

Buyung (60), warga setempat, mengatakan pengurusan dokumen atau surat kependudukan yang dibutuhkan sangat mudah. Ia menyebut petugas akan memberi arahan jika warga mau mengantre.

"Pelayanan baik, kita direspon dengan baik juga, kita datang sampaikan keperluan kita nanti di arahkan, tapi ya itu kita harus sabar, harus ngantre. Ramai yang ingin ngurus," katanya.

Masyarakat yang ingin melakukan pengurusan dokumen kependudukan, disarankan untuk datang lebih awal agar terhindar dari antrean panjang.


Meski begitu, warga menyebut tidak dijumpai praktik pungutan liar (pungli) di kelurahan ini. 

Menurut warga, Ardianti (27), petugas pelayanan di kelurahan ini menolak keras uang dari warga dan hanya mengucapkan terima kasih.

"Alhamdulillah kelurahan kita bersih dari pungli, saya ngurus surat keterangan tak mampu untuk adik, mudah tidak susah. Kalau ada yang mau ngasih uang sebagai ucapan terima kasih pasti ditolak, itu yang saya lihat dan alam,” ujarnya.

Namun, terkadang pengurusan dokumen kependudukan hanya terkendala tanda tangan dari Lurah lantaran tengah dinas di luar kota atau kegiatan lainnya. Meski begitu dokumen atau surat yang diperlukan masyarakat akan segera diselesaikan.

Artikel ini ditulis A.Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE