Gubernur Riau dan Kadisdik Bakal ke Jerman Perkuat Kerjasama Pendidikan

Kamsol-jabat-kadisdik-Riau.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Kamsol, akan berangkat ke Jerman pada akhir Oktober 2023. Keberangkatan tersebut dalam rangka memperkuat kerjasama bersama Pemerintah Jerman untuk Program Riau Unggul yang memberikan kesempatan kepada siswa dan mahasiswa untuk meningkatkan masa depannya di Jerman.

"Akhir bulan Oktober nanti, kami bersama Pak Gubernur Riau akan berangkat ke Jerman untuk perjanjian kerjasama Program Riau Unggul. Kita sudah mendapatkan undangan dari pemerintah disana," ujar Kepala Disdik Provinsi Riau, Kamsol, Kamis 5 Oktober 2023.

Menurutnya, kerjasama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Jerman adalah dalam rangka menerapkan pendidikan berbasis AI di Riau. Selain itu, Pemprov Riau juga hendak menerapkan kolaborasi antara pemerintah, dunia industri, dan pendidikan, di Jerman ke Provinsi Riau.

"Di Jerman itu, kalau ada anak yang bekerja malam, maka dia bisa sekolah pagi. Kalau dia bekerja pagi, maka dia bisa sekolah sore atau malam. Pola seperti itu sedang kita sesuaikan," jelasnya.



Lebih lanjut, anak-anak yang mampu menguasai bahasa Jerman nantinya juga berkesempatan untuk bersekolah, magang dan bekerja di Jerman. 

"Jerman sedang membutuhkan anak-anak dari daerah. Kita sedang upayakan nantinya ada 10 SMK Negeri dan 10 SMA Negeri di Riau yang terlibat dalam kerjasama Riau dan Jerman ini. Di masing-masing sekolah itu, akan ada kelas program untuk menyiapkan anak-anak untuk mampu magang atau bekerja di Jerman," jelasnya.

Menurutnya dengan program kerjasama ini, siswa memiliki kesempatan lebih besar untuk menata masa depannya. Pengalaman siswa dalam kolaborasi pendidikan ini juga akan meningkatkan kualitas siswa, sehingga berdaya saing tinggi di kemudian hari.

"Karena di Jerman itu pendidikan bagus, disiplin dan sebagainya. Jika anak-anak kita nanti dikirim kesana, maka mereka akan terbiasa juga dengan pendidikan dan kedisiplinan yang tinggi," pungkasnya.