Diluncurkan Hari Ini, Riau Mulai Terapkan Pendidikan Berbasis AI di SMA

Ilustrasi-AI.jpg
(via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau meresmikan pendidikan berbasis artificial intelligence (AI) untuk sejumlah SMA di Provinsi Riau. Terdapat tiga SMA yang mulai menerapkan pendidikan berbasis AI tersebut, yakni SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 5 Pekanbaru, dan SMA Negeri 2 Bangkinang.

"Untuk sementara kita mulai terapkan di sejumlah sekolah yang kita nilai sudah siap dulu. Selanjutnya, kita akan upayakan agar nantinya semua sekolah menerapkan pendidikan berbasis AI ini," ujar Kepala Disdik Provinsi Riau, Kamsol, Kamis 5 Oktober 2023.

Kamsol menjelaskan, pendidikan berbasis AI memudahkan siswa dan guru melakukan interaksi belajar mengajar melalui sistem online. Guru merangkum kurikulum pelajaran dalam sistem dan nantinya akan diakses oleh siswa.

"Dengan sistem ini, siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi sistem AI akan memantau keberadaan siswa, kemudian sistem ini bisa menilai kemampuan siswa, juga kejujuran dan kedisiplinan siswa," jelasnya.



Lebih lanjut, Kamsol mengatakan pendidikan sistem AI berbeda dengan sistem zoom meeting. Meski berbasis online, siswa akan tetap terpantau dan mengikuti kurikulum yang telah dirangkum oleh guru-guru berpengalaman. 

"Kita bisa kontrol apakah siswa itu benar-benar berada di depan komputer atau laptop atau hanya meletakkan gambar di depan kamera," jelasnya.

Apabila pendidikan berbasis AI dapat diterapkan secara menyeluruh, Kamsol mengatakan bukan tidak mungkin sekolah di masa depan tidak lagi memerlukan ruang kelas.