Warga Keluhkan Air Mati Sebulan, PDAM Tirta Siak: Kita Sedang Pembenahan

Ilustrasi-air1.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah konsumen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak mengeluh sulitnya layanan air bersih di sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru. Bahkan, ada warga yang mengeluhkan air di rumahnya sudah mati selama satu bulan tanpa adanya solusi dari pihak PDAM.

Menanggapi hal ini, Humas PDAM Tirta Siak, Dina mengakui bahwa saat ini PDAM masih proses melakukan pembenahan terhadap layanan air di Kota Pekanbaru. 

Satu dari upayanya adalah dengan mengimbau konsumen untuk mengubah jaringan pipa dengan pipa yang baru. Pasalnya, masih ada sejumlah pipa yang telah berusia lebih dari 50 tahun sehingga rawan bocor.

"Kami sedang berbenah. Memang saat ini sedang ada proyek penggalian dan pemasangan jaringan pipa baru. Kemungkinan ada konsumen yang terdampak," ujarnya, Senin 2 Oktober 2023. 


Menurutnya, saat ini tim teknis masih mendata sejumlah lokasi yang dikeluhkan konsumen kesulitan akses air. Pendataan dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya konsumen terdampak pemasangan pipa baru, kebocoran ataupun kondisi lainnya.

"Saat ini, untuk keluhan-keluhan konsumen sedang kita marking (data). Ada yang memang terdampak interkoneksi pipa baru, tapi mungkin tidak semua juga terdampak proyek ini. Kita akan marking untuk mengetahui apakah ada kebocoran yang belum terpantau," jelasnya.

Sementara itu, terkait solusi yang dapat diakses oleh konsumen untuk mengantisipasi sementara permasalahan layanan air. Saat ini tidak ada yang bisa dilakukan oleh PDAM.

"Bantuan akan kita usahakan setelah mobil kami diperbaiki," pungkasnya.