Fakta di Balik Kabut Asap yang Bikin Warga Pekanbaru Sesak Nafas, Ternyata!

Kabut-asap-di-pekanbaru.jpg
(Anisa/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kabut asap melanda Kota Pekanbaru beberapa hari belakangan. Kualitas udara Kota Pekanbaru pada, Senin 2 Oktober 2023 berada di level sedang meski sempat menyentuh level tidak sehat. 

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra menyebut bahwa kabut asap yang melanda adalah kiriman dari daerah lain di sekitar Kota Pekanbaru. Ia mengimbau masyarakat agar jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar. 

 

Dirinya mengingatkan agar masyarakat jangan ikut berkontribusi menambah kabut asap yang melanda. Menurutnya, kebenaran lahan yang terjadi bisa memperparah dampak kabut asap.

 

"Kita meminta kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, jangan sampai menambah kabut asap saat ini," tegasnya. 

 

Dirinya menyebut bahwa potensi kebakaran lahan di kota ini masih ada. Lahan di sekitar Jalan Jenderal Sudirman ujung mendadak terbakar hari ini.

 



Tim BPBD Kota Pekanbaru pun turun ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman bersama aparat gabungan. Ia juga tidak menampik pada akhir pekan kemarin terjadi kebakaran lahan di Kecamatan Rumbai Barat. 

 

Tim BPBD bersama aparat gabungan bergerak cepat memadamkan lahan setengah hektar yang terbakar di kawasan itu. Mereka juga melakukan langkah antisipasi agar kebakaran tidak meluas.

 

Zarman mengatakan, tim berkoordinasi dengan semua instansi terkait dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan. "Kita upayakan zero fire di Pekanbaru, maka langkah antisipasi dini bisa kita ambil," tutupnya.