Korban Kebakaran dan Banjir di Kota Pekanbaru Bakal Dapat Uang Tunai

BPDB-Evakuasi-warga-rohul.jpg
(Dok. BNPB)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat yang terdampak banjir maupun kebakaran di Kota Pekanbaru dipastikan mendapat bantuan dari Dinas Sosial Kota Pekanbaru berupa uang tunai. Adanya bantuan untuk meringankan beban karena terdampak bencana.

"Bagi masyarakat terdampak bencana, kita hadir menyalurkan bantuan," jelas Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Idrus, Minggu 1 Oktober 2023.

Dirinya menyampaikan, untuk bencana sendiri terbagi dua yakni bencana sosial dan bencana alam. Ia menjelaskan bahwa kebakaran rumah termasuk bencana sosial.

"Sedangkan banjir dan puting beliung masuk dalam bencana alam, masyarakat yang jadi korban bencana ini akan kita salurkan bantuan," jelasnya.

Pihaknya tidak langsung menyalurkan bantuan kepada para penerima melainkan ada survei dan pendataan lebih dahulu terhadap masyarakat yang terdampak bencana.


"Setelah mendapat data KK dan KTP dari RT serta RW, maka kita salurkan bantuan tersebut," jelasnya.

Pihaknya beberapa waktu lalu telah menyalurkan bantuan kepada ratusan Kepala Keluarga atau KK terdampak banjir. Mereka juga bekerjasama dengan Baznas Pekanbaru.

"Masyarakat yang terdampak sudah kita salurkan bantuan sebesar Rp 250 ribu per KK," ungkapnya. Masyatakat menggunakan bantuan berupa uang untuk membeli kebutuhan saat mengalami bencana," pungkasnya.