Baru Dipasang Sehari, Portal di Jalan Pesantren Rusak karena Ditabrak Truk

Portal-jalan-Pesantren.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Baru terpasang sehari, portal di Jalan Pesantren Kota Pekanbaru rusak akibat ditabrak. Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru memasang portal setinggi 3 meter, Rabu 27 September 2023 kemarin.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Khairunnas menyebut, saat ini portal dalam perbaikan. Portal tersebut rusak akibat ditabrak pengemudi truk yang memaksa masuk.

 

"Ada oknum pengendara menabrak portal yang sudah kita pasang. Pengemudi truk sudah tahu ada portal tapi tetap memaksa melintasi portal," jelasnya, Rabu 27 September 2023.

 

Ia menjelaskan, pemasangan portal untuk mencegah masuknya truk tonase besar dari Jalan Lintas Timur menuju Jalan Pesantren. Truk kerap melintasi ruas jalan tersebut untuk menuju Jalan Parit Indah.

 


"Kita pasang portal supaya mereka tidak masuk ke Jalan Parit Indah melalui Jalan Pesantren," ujarnya. 

 

Khairunnas menyebut bahwa ruas jalan itu dipasang portal karena kerap menjadi jalan pintas truk tonase besar. Ruas jalan tersebut pun sempat mengalami kerusakan akibat tidak sanggup menahan beban.

 

Kebijakan ini telah menjadi bahasan dalam forum lalu lintas di Pekanbaru. Pihaknya memasang portal sesuai Undang- Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan.

 

 

"Maka kita segera perbaiki portal itu agar bisa berfungsi kembali. Nanti juga dipasang spanduk pemberitahuan bahwa terdapat portal di Jalan Pesantren," pungkasnya.