Sejumlah Papan ISPU di Kota Pekanbaru Sudah Tak Berfungsi Sejak 2019

Papan-ISPU-di-Pekanbaru.jpg
(Anisa/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Papan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di sejumlah lokasi di Kota Pekanbaru rusak hingga mati total. 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Selasa 26 September 2023, tiga papan ISPU tidak berfungsi ada di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Jalan Tuanku Tambusai dekat pos polisi Simpang SKA, serta di Jalan HR Soebrantas.

Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda, Ika, mengatakan display atau papan ISPU tersebut  tidak berfungsi sejak 2019. 

"Untuk saat ini kita hanya punya satu alat Air Qualitas Monitoring Sistem (AQMS), lokasinya di Tenayan Raya yang beroperasi sejak tahun 2017 dan display-nya ada di Jalan HR Soebrantas. Bisa kita lihat data kualitas udara Kota Pekanbaru di display tersebut atau bisa langsung lihat di aplikasi ISPUNet milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," ujarnya saat diwawancara RIAUONLINE.CO.ID, 26 September 2023.

Ika menyebut papan ISPU tersebut sempat dilakukan perawatan dan dikalibrasi 2 kali dalam setahun sebelum akhirnya mati total. Semua biaya perawatan dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).


"Kita hanya pengawas dan yang punya wilayah tempat alat tersebut. Ada beberapa kali perbaikan dan sampai akhirnya di tahun 2019 alat itu tidak bisa lagi digunakan, padahal waktu pengadaan itu ada 10 kota dan Pekanbaru paling lama sekitar sudah 20 tahun," ungkapnya. 

Ika berharap alat Air Quality Monitoring System (AQMS) bisa ditambah jumlahnya jika ada pengadaan dari kementerian atau memakai dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). 

"Sehingga dapat mewakili kualitas udara di Kota Pekanbaru," tutupnya.

Artikel ini ditulis Anisa, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE