Kualitas Udara Pekanbaru Sempat Memburuk, Begini Penjelasan BMKG

Papan-ISPU.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menunjukkan kualitas udara di Pekanbaru sempat memburuk pada Selasa, 26 September 2023, pukul 06.00 WIB. Kualitas udara di Kota Bertuah kembali berada pada tingkat sedang pada pukul 07.00 WIB.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Ramlan, memastikan kondisi kualitas udara di Pekanbaru sudah kembali membaik.

"Hanya sempat pagi-pagi sebelum jam 6 memang naik, secara riil dapat dipantau di web BMKG," ujarnya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa 26 September 2023.

Ramlan menjelaskan, keadaan ini dipengaruhi oleh partikel udara yang bercampur dengan debu, asap dan berbagai partikel lainnya saat pagi hari yang masih tertahan di permukaan.


"Karena kelembaban yang masih tinggi dan suhu udara masih rendah, seiring penyinaran matahari mulai cerah, partikel-partikel yang ada akan terurai dan terangkat ke atmosfer," ungkapnya.

Sementara untuk total titik panas, terdapat 159 titik di wilayah Sumatera. Paling banyak berada di Sumatera Selatan dengan jumlah 122 titik, disusul Lampung 23 titik, Sumatera Barat 11 titik, Jambi 2 titik dan Bangka Belitung 1 titik. Sedangkan Riau terpantau nihil.