Menteri Perdagangan Kunjungi Pasar Palapa Pekanbaru, Borong Beras dan Ikan Salai

Mendag-beli-ikan-salai-di-pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan, mengunjungi Pasar Palapa, Jalan Durian, Kota Pekanbaru, Jumat 15 September 2023. Ia membeli sejumlah bahan pangan saat meninjau aktivitas pasar tersebut.

Politisi PAN ini memborong sepuluh karung beras dari warung pedagang. Dirinya membeli beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau beras Bulog.

Tak hanya itu, Zulkifli Hasan juga membeli ikan salai atau ikan asap. Sembari memilih langsung ikan salai, dirinya menyempatkan berbincang dengan para pembeli yang datang.

Ia membayar langsung barang dagangan yang dibeli. Zulkifli membayar belanjaan ikan kering sebanyak satu kilogram dan juga membayarkan belanjaan pembeli saat mendatangi pedagang cabai. Ia mengaku tidak masalah membayarkan belanjaan para pembeli.

"Saya belikan, masa sedekah aja nggak boleh," sebutnya.


Mendag yang akrab disapa Zulhas itu dalam kunjungan kerjanya ke Pekanbaru meninjau proyek revitalisasi Pasar Palapa. Ia didampingi Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun dan Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin.

Rombongan melihat revitalisasi yang masih berjalan saat ini. Capaian revitalisasi pasar ini sudah memasuki 60 persen. Pengerjaan saat ini tahap pengecoran karena sejumlah tiang baja sudah terpasang di area proyek.

Revitalisasi berlangsung di bagian belakang Pasar Palapa. Bangunan pasar itu memiliki rangka baja dengan konsep hall atau aula yang nantinya berfungsi sebagai pasar basah untuk pedagang sayur, ikan dan daging.

Pasar yang sudah direvitalisasi dapat menampung sebanyak 80 pedagang. Anggaran untuk revitalisasi Pasar Palapa ini sebesar Rp 3 miliar.