Rektor dan Dosen UIN Suska Cekcok di Tangga Masjid: Nak Pukul Den Pukul Lah!

Tangkapan-layar-rektor-uin-cekcok.jpg
(Instagram/@zona.minang)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Viral di media sosial dalam video berdurasi 1 menit 30 detik yang menampilkan Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) riau, Khairunnas dengan seorang Dosen bernama Irwandra

Dalam video tersebut, terlihat pria berbaju dan peci putih yang diketahui sebagi Rektor UIN keluar dari masjid.

Saat duduk di tangga masjid, Dosen Irwandra memakai kemeja garis-garis lengan pendek meminta masalah diselesaikan di ruangan rektor.

"Napo ang (kenapa kamu-red),? Nak pukul den pukul lah, ko ha pukul lah (mau pukul saya pukul lah. ini pukul lah," ujar Khairunnas dalam video percakapannya.

Selanjutnya, Dosen tersebut mengajak Khairunnas ke ruang rektor untuk menyelesaikan terkait persoalan mereka, namun Rektor secara tegas menolak.

"Nggak usah ketemu sama rektor. Ketemu sama Khairunnas sini, kamu kan enggak mengakui saya sebagai rektor sama kalian berdua (sambil menunjuk perekam video)," lanjut Khairunnas.

"Diajak bincang baik-baik nggak mau. Ini saya rekam ini," kata perekam video saat itu.

"Kalau mau Khairunnas di sini. Jangan mau diatur-atur, kita bicara hukum silakan. Kan sudah lapor ke polisi, lapor ke Irjen, apalagi, sudah laporkan. Kita tunggu keputusan itu," kata Khairunnas.

Rupanya perdebatan tersebut membuat sang dosen kesal. Dia mengajak rektor menyelesaikan masalah tersebut di luar kampus.

"Kalau kau mau (diselesaikan) pribadi ayok keluar kita yok," kata Irwandra tegas.


"Keluar mana?," jawab rektor.

"Keluar kampus kita yok. Kalau kau jantan yok kita selesaikan di luar yok," kata dosen tersebut mengajak rektor keluar kampus.

"Oke, kapan maunya," kata rektor.

"Sekarang yok," kata Irwandra dan dijawab rektor masih jam kampus.

Perdebatan keduanya semakin panjang di halaman masjid. Bahkan rektor tegas tak menganggap Irwandra sebagai dosen UIN Suska Riau.

"Saya tidak punya urusan dengan Irwandra. Irwandra tidak saya anggap dosen saya," kata rektor sambil tertawa.

"Nanti pas pulang saya tunggu. Di mana kamu saya tunggu. Ini jam kantor," kata rektor lagi.

"Ya kalau jam kantor ayok ke ruang rektor kita selesaikan," tegasnya.

Lagi-lagi rektor menolak ajakan tersebut. Irwandra yang kesal lalu mengungkap alasannya mengajak bertemu di ruangan rektor dan menyelesaikan soal sertifikasi dosennya yang tidak dibayarkan.

"Hak orang kau rampas. Kau rektor tetapi kerja kau ngancam-ngancam orang," ungkap Irwandra.

Rektor pun membantah dan meminta agar persoalan diselesaikan di lokasi tersebut. Aksi cekcok antara rektor dan dosen itu kemudian jadi tontonan orang yang melintas.

 

Irwandra saat dikonfirmasi membenarkan cekcok tersebut. Cekcok terjadi pada hari Jumat 8 September 2023 pekan lalu di masjid kampus UIN Suska Riau.

"Kejadian Jumat kemarin di masjid. Untuk yang kedua kalinya sertifikasi dosen tidak dibayar," tegas Irwandra menyebut alasan cekcok dengan rektor, Rabu 12 September 2023.

Hingga saat ini video yang diunggah akun Tiktok @ig.kisaranda_siregar tersebut telah ditonton pengguna Tiktok lebih dari dari 452 ribu kali, disukai 11 ribu kali serta dipenuhi lebih dari 1000 komentar.

 Artikel ini ditulis Lukman peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di Riauonline.co.id